Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Mesin Boiler Steam Kelapa Sawit Dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer

Authors

  • Debby Enggartiasti STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriyansyah STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.4027

Abstract

Boiler memiliki peranan penting didalam pembangkit listrik tenaga uap di Indonesia. Boiler Steam saat ini dalam keadaan tidak berfungsi sehingga perlu dilakukan analisa kerusakan. Analisa kerusakan Boiler dilakukan untuk memperoleh data komponen atau sistem yang diperkirakan mengalami kerusakan. Dari data kerusakan diharapkan dapat dijadikan acuan perbaikan. Tahap berikutnya, dari data-data yang sudah diperoleh dilakukan analisa kerusakan dari Boiler Steam. Untuk mengatasi kerusakan mesin Boiler Steam maka dibangun suatu sistem yang terkomputerisasi yaitu sistem pakar. Sistem pakar adalah suatu sistem yang mengadopsi pengetahuan dari pakar ke komputer agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para pakar. Dalam sistem pakar terdapat beberapa jenis metode sesuai dengan pemanfaatannya yaitu certainty factor, dempster shafer, Bayesian dan forward chaining. Hasil penelitian ini diharapkan pertama dapat menganlisa masalah terkait kerusakan mesin boiler steam  menggunakan metode dempster shafer pada PKS PT Subur Arum Makmur menghasilkan sistem yang dapat membantu bagian produksi PKS PT Subur Arum Makmur dalam mendeteksi kerusakan mesin boiler steam dari gejala yang dialami dan lebih efisien dibanding dengan cara manual.

Author Biographies

Debby Enggartiasti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriyansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Calam, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

U. Hanifah, N. D. Susanti, and M. Andrianto, “Kinerja Mini Boiler Tipe Pipa Api 3 Pass Berbahan Bakar Biomassa Pelet Kayu dan Tempurung Kelapa,†vol. 39, no. 3, pp. 200-206Hanifah, U., Susanti, N. D., Andrianto, M, 2019.

Imam Muzaki and Aqli Mursadin, “Analisis Efisiensi Boiler Dengan Metode Input-Output Di PT.Japfa Connifed Indonesia Tbk Unit Banjarmasin,†SJME Kinematika vol.4 No.1, 1 Juni 2019, PP 37-46.

Rusmin Saragih, Denny Jean Cross Sihombing And Elvika Rahmi, “ Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kelapa Sawit Menggunakan Dempster Shafer Berbasis Web,†vol.I, No.1, Januari 2018.

W. Erawati, “Vol. XII No. 2, September 2015 Jurnal Techno Nusa Mandiri,†Techno Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 21–26, 2015.

M. A. AMANU, “Boiler pipa api,†Manaj. Pengemb. Bakat Minat Siswa Di Mts Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang, pp. 2–3, 2015.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN