Implementasi Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Juara Pada Kontes Ikan Cupang Dengan Metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) Di Komunitas Kampung Djarum Kontes Tunas Betta Fish

Authors

  • Wahyu Dodi Wijaya STMIK Triguna Dharma
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3946

Abstract

Ikan cupang atau yang di kenal dengan sebutan betta fish ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat populer, diminati dan digemari di kalangan masyarakat, baik dari kalangan anak – anak, remaja, maupun orang dewasa, dikarenakan ikan cupang memiliki keindahan dan daya tarik pada ekor, sirip, bentuk badan, dan warna yang di munculkan dari tubuhnya yang bervariasi. Seiring dengan berjalannya waktu sering dilaksanakan kontes ikan cupang yang berstandar ABI (Asosiasi Betta Indonesia). Akan tetapi dalam hal sistem penjurian yang masih dilakukan secara manual dan menggunakan feeling juri yang pastinya membutuhkan banyak waktu dan biaya yang di keluarkan, maka dibutuhkannya sebuah sistem yang dapat berguna untuk juri dan ikan cupang kontes. Berdasarkan masalah tersebut maka dibuatlah sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Multi-Attribute Utility Theory (MAUT) untuk menyelekasaikan masalah terkait penilaian ikan cupang untuk menentukan juara ikan cupang pada kontes ikan cupang di komunitas kampong djarum kontes tunas Betta Fish. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dibuat dengan pemodelan Unified Modelling Language (UML) kemudian dikembangkan dengan berbasis Pemrograman Web untuk menyelesaikan masalah terkait menentukan juara pada kontes ikan cupang.

Author Biographies

Wahyu Dodi Wijaya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendryan Winata, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

U. Wulandari, D. Simbolon, and R. I. Wahju, “Analisis Daerah Penangkapan Ikan Potensial Analysis of Potential Fishing Grounds in Enggano Island , North Bengkulu,†Jurnalpenelitianperikananindonesia, vol. 23, no. 4, pp. 253–260, 2017, [Online]. Available: http://ejournal-balitbang.kkp.go.id/index.php/jppi/article/view/5981.

A. Ramadiani, ramadiani ; Rahmah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tenaga Kesehatan Teladan,†J. Ilm. Teknol. Sist. Inf., vol. 3, no. 2, pp. 83–88, 2019.

W. Riyadi and X. Sika, “Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa dengan Metode MAUT (Studi Kasus : STIKOM Dinamika Bangsa Jambi),†J. Process., vol. 13, no. 2, pp. 1247–1259, 2018.

T. Elizabeth, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asisten Dosen Menggunakan Metode SAW,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 1, pp. 71–80, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i1.221.

Novri, “Novri Hadinata,†Implementasi Metod. Multi Attrib. Theory(MAUT) Pada Sist. Pendukung Keputusan dalam Menentukan Penerima Kredit, vol. 07, no. September, pp. 87–92, 2018.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN