Detection Analisys System Untuk Mengidentifikasi Kerusakan Mesin Excavator Pada PT. Andalan Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Muhammad Agus Surya STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.3862

Abstract

Excavator merupakan salah satu alat berat yang digunakan untuk menggali, mengangkut, dan memindahkan material. Manfaatnya untuk membantu dalam meringankan pekerjaan yang sulit agar menjadi lebih ringan. Proses pengerukan dengan volume yang besar dapat dilakukan dalam waktu kerja yang lebih singkat dan efisien dengan excavator ketimbang unit alat berat lain. Beberapa bidang dalam industri yang menggunakan excavator yaitu antara lain pertambangan, konstruksi, infrastruktur, kehutanan, dan lain sebagainya. Maka tidak heran apabila di lokasi penambangan, excavator bekerja nyaris tanpa henti, demi tercapainya target produksi yang dibebankan oleh perusahaan serta permintaan pasar. Hal ini menyebabkan sering kali terjadi kerusakan pada mesin akibat overload dari jam kerjanya yang tinggi. Sehingga diperlukan untuk perawatan serta perbaikan yang memadai agar unit dapat bekerja secara optimal. Melihat  kondisi  tersebut  maka  dibutuhkan  sebuah  sistem. Salah satu pemanfaatan yang dapat diterapkan pada teknologi komputer yaitu detection analisys sistem.

Author Biographies

Muhammad Agus Surya, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

E. P. P. Enggy Mahlian Dony, Ernawati, “Sistem Pakar Mendiagnosa Kerusakan Pada Alat Berat Dengan Impelementasi Algoritme,†J. Rekursif, vol. 7, no. 1, 2019.

Dian Febrianti&Zakia, “Analisis produktivitas dan waktu penggunaan alat berat excavator pada pekerjaan galian tanah 1 2),†Semin. Nas. Pakar ke 1, vol. 1, pp. 123–127, 2018.

B. Harijanto and R. A. Latif, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Kucing Dengan Metode Teorema Bayes Berbasis Android,†J. Inform. Polinema, vol. 2, no. 4, p. 176, 2017.

M. Syahrizal and H. Haryati, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Deteksi Kerusakan Mesin Alat Berat (Beko) Dengan Menerapkan Metode Teorema Bayes,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 23–33, 2018.

Kusrini, “Sistem Pakar,†Sistem Pakar Teori Dan Aplikasi, Yogyakarta, Andi Yogyakarta, 2020, pp. 11-12.

B. Sasangka and A. Witanti, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Akut Pada Anak Menggunakan Teorema Bayes,†JMAI (Jurnal Multimed. Artif. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 45–51, 2019, doi: 10.26486/jmai.v3i2.83.

P. S. Ramadhan, “Sistem Pakar Pendiagnosaan Dermatitis Imun Menggunakan Teorema Bayes,†InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 3, no. 1, pp. 43–48, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v3i1.643.

Downloads

Additional Files

Published

2021-04-29

Issue

Section

Articles

URN