Penerapan Data Mining Untuk Mengestimasi Penjualan Herbal Penawar Alwahidah Indonesia (HPAI) Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda

Authors

  • Savira Savira STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3852

Abstract

PT. HPAI wilayah Banda Aceh merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang distribusi berbagai macam produk herbal. Semakin tingginya minat masyarakat terhadap produk herbal menimbulkan banyaknya persaingan dalam penjualan produk herbal. Permasalahan yang sering dialami ketika penjualan produk herbal tidak mencapai target penjualan akan mengakibatkan pendapatan perusahaan mengalami penurunan hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif diantaranya pembayaran sewa, pemberian gaji karyawan dan kebutuhan untuk produksi lainnya akan terhambat. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat mengolah data penjualan produk herbal di masa lalu, sehingga dapat digunakan untuk membantu perusahaan dalam mengestimasi penjualan produk herbal di masa yang akan datang.Untuk itu dibutuhkan penerapan data mining dalam memecahkan masalah tersebut diatas. Data Mining bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan dan informasi baru yang masih tersembunyi didalam bongkahan data yang besar. Data mining merupakan serangkaian proses untuk menggali nilai tambah dari suatu kumpulan data berupa pengetahuan yang selama ini tidak diketahui Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi data mining dengan Penerapan Metode Regresi Linier Berganda Dalam Mengestimasi  penjualan HPAI dalam menentukan perbandingan produksi untuk kedepannya.

Author Biographies

Savira Savira, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

S. Sulistyono and W. Sulistiyowati, "Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda," PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), vol. 1, no. 2, p. 82, 5 3 2018.

A. Rachman and d. Hadi Al Rasyid, "MODEL PERAMALAN KONSUMSI BAHAN BAKAR JENIS PREMIUM DI INDONESIA DENGAN REGRESI LINIER BERGANDA".

D. Anggreni and J. Matematika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Suska Riau, "ANALISIS JUMLAH TENAGA KERJA TERHADAP JUMLAH PASIEN RSUD ARIFIN ACHMAD PEKANBARU MENGGUNAKAN METODE REGRESI GULUD," Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, vol. 12, no. 1, pp. 48-57, 2014.

Yuli Mardi, "Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5 Yuli Mardi," Jurnal Edik Informatika, no. ISSN : 2407-0491.

Susanto, "DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI PRESTASI SISWA BERDASARKAN SOSIAL EKONOMI, MOTIVASI, KEDISIPLINAN DAN PRESTASI MASA LALU DATA MINING TO PREDICT STUDENT'S ACHIEVEMENT BASED ON SOCIO-ECONOMIC, MOTIVATION, DISCIPLINE AND ACHIEVEMENT OF THE PAST," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 4, no. 2, 2014.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN