Rancang Bangun Palang Otomatis Zebra Cross Pada Lampu Lalu Lintas Menggunakan Metode Pulse Width Modulation (PMW) Berbasis Arduino

Authors

  • Muhammad Dwi Syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Usti Fatimah Sari Sitorus Pane STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i3.3832

Abstract

Zebra cross adalah bagian penting di jalan raya terutama di area lampu lalu lintas tak lepas dari pantauan terutama bagi masyarakan yang akan menyebrang. Terutama di area Zebra Cross bagi pejalan kaki juga sering digunakan oleh pengguna kendaran. Hal ini juga menjadi masalah bagi pejalan kaki, sehingga terkadang pejalan kaki, berjalan tidak sesuai aturan. Selain sistem lampu merah yang sering tidak berfungsi dengan baik membuat pejalan kaki yang akan menyebrang menjadi sulit karena takut tertabrak oleh pengguna kendaraan yang sedang melintas. Fasilitas penyeberangan bagi pejalan kaki dapat disediakan secara bertahap sesuai dengan tingkat kebutuhan.  Yang menjadi pertimbangan adalah interaksi dari pejalan kaki dan arus lalu lintas atau kendaraan. Dengan adanya faktor tersebut maka diperlukan penghalang di lampu merah untuk menghindari pengendara motor yang berusaha menerobos jalan. PWM merupakan salah satu teknik yang “ampuh†yang digunakan dalam sistem kendali saat ini. Pengaturan lebar modulasi dipergunakan diberbagai bidang yang sangat luas, salah satu diantaranya adalah: speed control, power control, measurement and communication. Dengan adanya system ini, palang bergerak menutup kearah 105° setelah lampu berubah jadi merah dan apabila mendeteksi objek yaitu manusia palang juga menutup kearah 105° dan buzzer berbunyi memberikan tanda sehingga kendaraan tidak bisa menerobos dan penyeberang jalan merasa aman.

Author Biographies

Muhammad Dwi Syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Usti Fatimah Sari Sitorus Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Devri Suherdi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

. S., “Analisis Sarana Penyeberangan Dan Perilaku Pejalan Kaki Menyeberang Di Ruas Jalan Prof. Sudarto, Sh Kecamatan Banyumanik Kota Semarang,†Neo Tek., vol. 1, no. 1, 2015, doi: 10.37760/neoteknika.v1i1.357.

S. Arifin and A. Fathoni, “Pemanfaatan Pulse Width Modulation Untuk Mengontrol Motor (Studi Kasus Robot Otomatis Dua Deviana),†J. Ilm. Teknol. Inf. Asia, vol. 8, no. 2, pp. 65–80, 2014.

R. I. S. and H. Hartono, “Rancang Bangun Pulse Width Modulation (PWM) Sebagai Pengatur Kecepatan Motor DC Berbasis Mikrokontroler Arduino,†J. Penelit., vol. 3, no. 1, pp. 50–58, 2018, doi: 10.46491/jp.v3e1.31.50-58.

W. Sahari, S. Widodo, and S. Mayuni, “Kajian Kebutuhan Fasilitas Penyeberangan Pada Ruas Jalan Di Area Komersial Kota Pontianak (Studi Kasus: Jl. Teuku Umar - Jl. Hos Cokroaminoto, Kota Pontianak),†Kajian, pp. 1–9, 2013.

P. Handoko, “Sistem Kendali Perangkat Elektronika Monolitik Berbasis Arduino Uno R3,†no. November, pp. 1–2, 2017.

P. D. Sugiyono, “Metode penelitian,†in Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan XI, Alfabeta. Bandung., 2010.

Downloads

Published

2021-03-29

Issue

Section

Articles

URN