Implementasi Data Mining Dalam Menentukan Pola Penjualan Peralatan Penunjang Pendidikan Di CV. Maju Anugerah Menggunakan Algoritma Apriori
DOI:
https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3797Abstract
CV. Maju Anugerah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan peralatan penunjang pendidikan dimana permasalahan yang dihadapi perusahaan ini adalah penurunan penjualan yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti persaingan yang sangat banyak dan adanya Covid-19 yang mengubah perilaku konsumen. Dengan begitu perusahaan ini ingin meningkatkan penjualan diperusahaan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengolah data transaksi yang ada di perusahaan tersebut untuk menentukan pola penjualan di perusahaan tersebut dengan pengimplementasian data Mining menggunakan algoritma Apriori. Diharapkan penggimplementasian algoritma Apriori ini mampu menentukan pola penjualan yang dapat dimanfaatkan sebagai strategi peningkatan penjualan di CV. Maju Anugerah. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penentuan pola penjualan yang mengimplementasikan data Mining dengan menggunakan algoritma Apriori yang dapat membantu CV. Maju Anugerah terkait peningkatan strategi penjualan diperusahaan tersebut.References
A. Oktaviani, G. TM Napitupul, D. Sarkawi, and I. Yulianti, “Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 167–172, 2019, doi: 10.34288/jri.v1i4.96.
E. Prasetyo and A. Putra, “Implementasi Waterfall Model Dalam Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif Penduduk,†J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 213–224, 2021, doi: 10.33557/journalisi.v3i1.121.
A. F. Lestari and M. Hafiz, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, p. 96, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1317.
A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.
P. H. Simbolon, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Srikandi Cash Credit Elektronic dan Furniture ),†J. Ris. Komput., vol. 6, no. 4, pp. 401–406, 2019.
E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.
D. Anggraini, S. A. Putri, and L. A. Utami, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong,†vol. 4, no. April, pp. 302–308, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.1496.
R. R. Aria and S. Susilowati, “Analisa Data Penjualan SaRa Collection menggunakan metode Apriori,†vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.