Implementasi Data Mining Dalam Menentukan Pola Penjualan Peralatan Penunjang Pendidikan Di CV. Maju Anugerah Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • Diana Iriyanti Sihombing STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3797

Abstract

CV. Maju Anugerah merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang penjualan peralatan penunjang pendidikan dimana permasalahan yang dihadapi perusahaan ini adalah penurunan penjualan yang diakibatkan oleh beberapa faktor seperti persaingan yang sangat banyak dan adanya Covid-19 yang mengubah perilaku konsumen. Dengan begitu perusahaan ini ingin meningkatkan penjualan diperusahaan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dibangun sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mengolah data transaksi yang ada di perusahaan tersebut untuk menentukan pola penjualan di perusahaan tersebut dengan pengimplementasian data Mining menggunakan algoritma Apriori. Diharapkan penggimplementasian algoritma Apriori ini mampu menentukan pola penjualan yang dapat dimanfaatkan sebagai strategi peningkatan penjualan di CV. Maju Anugerah. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penentuan pola penjualan yang mengimplementasikan data Mining dengan menggunakan algoritma Apriori yang dapat membantu CV. Maju Anugerah terkait peningkatan strategi penjualan diperusahaan tersebut.

Author Biographies

Diana Iriyanti Sihombing, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Oktaviani, G. TM Napitupul, D. Sarkawi, and I. Yulianti, “Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 167–172, 2019, doi: 10.34288/jri.v1i4.96.

E. Prasetyo and A. Putra, “Implementasi Waterfall Model Dalam Pengembangan Sistem Informasi Eksekutif Penduduk,†J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 213–224, 2021, doi: 10.33557/journalisi.v3i1.121.

A. F. Lestari and M. Hafiz, “Penerapan Algoritma Apriori Pada Data Penjualan Barbar Warehouse,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 5, no. 1, p. 96, 2020, doi: 10.35314/isi.v5i1.1317.

A. J. P. Sibarani, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Pola Penjualan Obat,†JATISI (Jurnal Tek. Inform. dan Sist. Informasi), vol. 7, no. 2, pp. 262–276, 2020, doi: 10.35957/jatisi.v7i2.195.

P. H. Simbolon, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Srikandi Cash Credit Elektronic dan Furniture ),†J. Ris. Komput., vol. 6, no. 4, pp. 401–406, 2019.

E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.

D. Anggraini, S. A. Putri, and L. A. Utami, “Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Penjualan Mobil Yang Paling Diminati Pada Honda Permata Serpong,†vol. 4, no. April, pp. 302–308, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.1496.

R. R. Aria and S. Susilowati, “Analisa Data Penjualan SaRa Collection menggunakan metode Apriori,†vol. 7, no. 1, pp. 68–73, 2021, doi: 10.31294/jtk.v4i2.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN