Implementasi Data Mining Untuk Pengolahan Data Penjualan Keramik Di CV.Surya Manggala Medan Dengan Metode Decission Tree

Authors

  • Indah Putri Alemina Stmik triguna dharma
  • Ahmad Fitri Boy Stmik Triguna Dharma
  • Masyuni Hutasuhut Stmik Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3752

Abstract

 CV. Surya Manggala Medan merupakan badan usaha yg bergerak di bidang keramik yang beralokasi di Jalan Brigjen Katamso no.740 Medan. Produk Keramik merupakan barang yang sangat dibutuhkan untuk sebuah bangunan (rumah, kantor, dll). Dari sumber data penjualan menunjukkan permintaan produk keramik semakin meningkat. Dengan begitu banyaknya data transaksi yang digunakan sebagi acuan menjual produk dengan harga modal yang hanya mendapatkan keuntungan kecil dan apabila masih tidak laku terjual pemilik toko keramik melakukan pemusnahan produk. CV. Surya Manggala harus menggunakan strategi promosi penjualan, agar dapat meningkatkan penjualan dengan menganalisa pola penjualan keramik.       Permasalaha pada perusahaan tersebut, maka membutuhkan suatu sistem yang cocok dalam menganalisa penjualan dengan keilmuan data mining. Data mining sudah banyak digunakan dalam pengelolahan data untuk menghasilkan pengetahuan, salah satunya adalah menggunakan Data mining dengan menggunakan algoritma Apriori. Sehingga Apriori merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset) dalam sebuah kumpulan data.        Hasil yang didapatkan, berupa sistem menganalisa pola penjualan keramik dengan menggunakan algoritma Apriori yang lebih efisien maupun efektif dalam mengetahui strategi promosi penjualan. Kata Kunci: Apriori, Data Mining, Penjualan  

Author Biographies

Indah Putri Alemina, Stmik triguna dharma

Sistem informasi

Ahmad Fitri Boy, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, Stmik Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

D. Sunia, K. and A. P. Jusia, "Penerapan Data Mining Untuk Clustering Data Penduduk Miskin Menggunakan Algoritma K-Means," STIKOM Dinamika Bangsa, pp. 121-134, 2019.

S. S. Helma, M. R. R. R and E. Normala, "Clustering pada Data Fasilitas Pelayanan Kesehatan Kota Pekanbaru Menggunakan Algoritma K-Means," Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI, vol. I, no. 1, pp. 131-137, 2019.

F. Yunita, "Penerapan Data Mining Menggunkan Algoritma K-Means Clustring Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Islam Indragiri)," Jurnal SISTEMASI, pp. 238-249, 2018.

G.Napitupuli, "Penerapan Data Mining Terhadap Penjualan Pipa Pada Cv. Gaskindo Sentosa Menggunakan Metode Algoritma Apriori," Jurnal Riset Informatikaâ€, 2019.

P. Winasis, "Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Belanja Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada Mall Cpm Jakartaâ€, 2019.

A. Rifa’i, "Penggunaan Metode K-Means Pada Analisa Dan Klasifikasi Capres 2019 Di Twitterâ€, Pengembangan Rekayasa dan Teknologi, 2019.

Downloads

Published

2021-02-26

URN