Data Mining Untuk Pengelompokan Data Penjualan Cake Dengan Menggunakan Algoritma K-means Clustering Pada Jofie Bakery.

Authors

  • Sartika sitohang STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Darjat Saripurna STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Widiarti Ristamaya STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i2.373

Abstract

 Penjualan merupakan suatu perusahaan atau toko yang mampu memenuhi permintaan konsumen. Jofie Bakery merupakan suatu toko yang bergerak dalam bidang penjualan cake. Dalam toko ini masih ada beberapa proses yang dilakukan dengan manual, sehingga sering terjadi kesalahan dalam pencatatan atau pengumpulan data dan belum dapat mengelompokan data penjualan cake yang habis terjual dan tidak habis terjual. Permasalahan ini terus menurus terjadi sehingga mengakibatkan kurangnya cake yang habis terjual dan menumpuknya cake yang tidak habis terjual. Untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan suatu sistem informasi yang terkomputerisasi yang dapat menganalisa masalah yang terjadi pada Jofie Bakery dengan pengelompokan data penjualan cake dengan menggunakan data mining. Salah satu teknik yang digunakan adalah metode clustering. Pada penelitian ini akan dibahas bagaimana teknik clustering yang diterapka unutk pengelompokan data penjualan cake pada Jofie Bakery.Kesimpulan yang didapat dari penelitian adalah dengan adanya data mining dapat membantu pengelompokan data penjualan cake dengan menggunakan metode algoritma k-means clustering  yang diperoleh yaitu dengan menggunakan data mining algoritma K-Means Clustering. Sehingga sistem aplikasi data mining dapat digunakan oleh toko Jofie Bakery.

References

Suntoro, Joko, “Data Mining Algoritma dan Implementasi dengan Pemrograman PHP,†Jakarta, Elex Media Komputindo, 2019.

H. Jaya, R. Gunawan, and R. Kustini, “Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Target Produksi Berdasarkan Tingkat Penjualan Dan Banyaknya Pemesanan Produk Pada Pt . Neo National Menggunakan Metode Regresi Linier Berganda,†vol. 18, no. 2, 2019.

B. M. Metisen and H. L. Sari, “ANALISIS CLUSTERING MENGGUNAKAN METODE K-MEANS DALAM PENGELOMPOKKAN PENJUALAN PRODUK PADA SWALAYAN FADHILA,†vol. 11, no. 2, pp. 110–118, 2015.

W. Satria et al., “PENGELOMPOKKAN DATA MINERAL DI INDONESIA MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING GROUPING OF MINERAL DATA IN INDONESIA USING K-MEANS,†vol. 6, no. 2, pp. 5674–5681, 2019.

T. Di, S. Sonyxtattoo, and M. M. K. Clustering, “Penentuan strategi penjualan alat-alat tattoo di studio sonyxtattoo menggunakan metode,†vol. 2, no. 2, pp. 75–86, 2016.

M. Penelitian, “Implementasi K-Means Untuk Pengelompokan Produk Terbaik PT . Koko Pelli,†pp. 495–498, 2019.

S. Yakub, “Penerapan Data Mining dalam pengelompokan Bibit Padi Ungggul Berdasarkan Minat Beli Konsumen Pada PT.Sang Hyang Seri Regional IV Deli Serdang dengan Menggunakan Metode Clustering Algoritma K-Means,†vol. 17, no. SAINTIKOM, pp. 192–197, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2021-10-30

URN