Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Brassica Oleracea Var.Italica (Brokoli) Dengan Menggunakan Metode Certainy Factor

Authors

  • Jhon Fredy Fernando STMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STMIK Triguna Dharma
  • Yohanni Syahra STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.3712

Abstract

Brokoli (Brassica Oleracea Var.Italica) merupakan tanaman penting hortikultura yang saat ini banyak dibudidayakan secara komersil dan sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena memiliki kandungan gizi tinggi dan penting bagi kesehatan. panen terhadap brokoli banyak mengalami penurunan terutama di daerah kabanjahe, kabupaten karo ini di akbitkan banyaknya penyakit-penyakit yang menyerang brokoli. Untuk mengatasi penyakit yang menyerang tanaman brokoli ini para petani menggunakan pupuk organik dan pestisida organik yang bahan-bahan nya di ambil di alam.Oleh karena itu, digunakanlah sistem pakar ini untuk membantu mendiagnosa penyakit pada brokoli. Pengetahuan yang disimpan di dalam suatu sistem pakar pada umumnya diambil dari seorang manusia yang memiliki ilmu kepakaran dalam masalah tersebut. Salah satu penerapan sistem pakar yaitu melakukan diagnosa penyakit pada tanaman brokoli. Salah satu metode yang bisa dipakai untuk menghtung kepastian tersebut yaitu metode Certainty factorHasil dari sistem yang dibuat ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pakar dapat membantu para petani brokoli dalam mediagnosa penyakit pada tanaman Brokoli (Brassica Oleracea Var.Italica) dengan tepat dan cepat. Dimana, sistem ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada tanaman Brokoli.

Author Biographies

Jhon Fredy Fernando, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Komputer

Yohanni Syahra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

F. S. Lumoly, S. Emmy, M. G. S. J, U. S. Ratulangi, J. L. Kampus, and U. Manado, “INSIDENSI PENYAKIT BUSUK HITAM PADA TANAMAN BROKOLI (Brassica oleracea var. Italica) DI TOMOHON,†Cocos, vol. 7, no. 4, 2016.

R. V. Sihombing, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Brokoli Menggunakan Metode Dempster Shafer Berbasis Web,†vol. 8, no. April, pp. 470–473, 2020.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.16.

F. Ikorasaki, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tulang Dengan Menggunakan Metode Certainty factor,†Jik), vol. 1, no. 2, pp. 1–5, 2017.

R. R. Fanny, N. A. Hasibuan, and E. Buulolo, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Asidosis Tubulus Renalis Menggunakan Metode Certainty factor Dengan Penelusuran Forward Chaining,†Media Inform. Budidarma, vol. 1, no. 1, pp. 13–16, 2017.

Downloads

Published

2019-08-30

URN