Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Sales Marketing Terbaik di Tangin Ponsel Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (Waspas)

Authors

  • Syarifah Hanum STMIK Triguna Dharma
  • M Syaifuddin STMIK Triguna Dharma
  • Suardi Yakub STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i9.3675

Abstract

Sales Marketing Gerai Tangin Ponsel sangat berpengaruh dan berperan penting dalam meningkatkan penjualan produk, karena sales marketing merupakan ujung tombak perusahaan. Sales marketing Gerai Tangin Ponsel bertugas untuk melakukan kegiatan menawarkan, menyampaikan dan mengumpulkan informasi tertentu dari para pelanggan atau konsumen. Sebagai ujung tombak perusahaan, tentu sangat penting untuk memelihara semangat serta konsistensi seorang sales marketing. Oleh sebab itu, untuk memberikan semangat pada sales marketing dalam menjalankan target penjualan, maka Gerai Tangin Ponsel memberikan apresiasi bagi sales marketing yang memiliki kinerja terbaik. Pemilihan sales marketing terbaik ini diambil dari penilaian yang terdiri dari kriteria-kriteria yang ditetapkan, diantaranya adalah : (1) Pelayanan, (2) Kehadiran, (3) Kedisiplinan, (4) Kreativitas, (5) Lama Kerja , (6) Total Penjualan. Pemberian apresiasi kepada sales marketing membutuhkan penilaian yang objektif, jujur, serta adil agar seluruh sales marketing bekerja dengan optimal. Maka dari itu solusi pada permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan  menggunakan metode WASPAS. Dimana diketahui metode WASPAS merupakan metode dengan karakteristik gabungan dari dua metode yaitu WSM dan WPM. Sehingga dapat digunakan dalam permasalahan menentukan sales marketing. Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan dengan Penerapan Metode WASPAS dalam menentikan sales mariketing terbaik di Tangin Ponsel.

Author Biographies

Syarifah Hanum, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

M Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Suardi Yakub, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. Arulmozhiyal and K. Baskaran, "Implementation of a Fuzzy PI Controller for Speed Control of Induction Motors Using FPGA," Journal of Power Electronics, vol. 10, pp. 65-71, 2010.

T. E. P. Sri Sugiarti, Dormauli K Nahulae, Syafrizal and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

M. Sianturi, J. Tarigan, N. P. Rizanti, and A. D. Cahyadi, “Sistem Pengambilan Keputusan Pemilihan Jurusan Terbaik Pada SMK Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment ( WASPAS ),†Sensasi, vol. 10, no. 20, pp. 160–164, 2018.

]M. Suginan, Emi Suryani, Sapria, Ulandari Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode WASPAS dan MOORA,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 719–727, 2018.

M. Angeline and F. Astuti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching,†J. Ilm. SMART, vol. II, no. 2, pp. 45–51, 2018.

U. U. Fauziah, A. Eldine, and S. A. Sume, “Sales Promotion Dan Harga Terhadap Volume Penjualan,†vol. 2, no. 1.

Jasmani,Lucia Maduningtias and Irmal, “PELATIHAN DAN PENGUASAAN DIGITAL MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PARA REMAJA DI LINGKUNGAN BENDA TIMUR IV,†vol. 2, no. 1, pp. 65–68, 2019.

Downloads

Published

2020-09-29

URN