Rancang Bangun Sistem Anti Malas Bangun Tidur Berbasis Mikrokontroler Menggunakan Teknik Counter

Authors

  • Erwan Edy syahputra STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i12.3633

Abstract

Tidur merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Pada kondisi istirahat dan tidur, tubuh melakukan proses pemulihan untuk mengembalikan stamina tubuh hingga berada dalam kondisi yang optimal. Perubahan pola tidur umumnya disebabkan oleh tuntutan aktivitas sehari-hari yang berakibat pada berkurangnya kebutuhan untuk tidur, sehingga sering mengantuk yang berlebihan di siang harinya. Kebutuhan tidur yang cukup tidak hanya ditentukan oleh faktor jam tidur (kuantitas tidur), tetapi juga oleh kenyamanan tidur (kualitas tidur).Maka dari itu dilakukan penelitian tentang membangunkan orang dengan cara membunyikan suara alarm dan menggetarkan tempat tidur .rangkaian elekronika yang digunakan seperti rangkaian Arduino,rangkaian diode laser(pemancar sinar),rangkaian modul photodiode(pemancar sinar),rangkaian output suara/buzzer, dan rangkaian penampil (LCD).Pada pengujian yang dilakukan,rangkaian alat ini dapat digunakan membangunkan orang bangun pagi.sehingga dapat memudahkan para pekerja yang begadang untuk tidak terlambat bekerja

Author Biographies

Erwan Edy syahputra, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

E. SAGITHA, DEA BULAN and FAISAL, “Rancang Bangun Aplikasi Game 2D Merapikan Kamar Tidur,†2013, [Online]. Available: http://eprints.dinus.ac.id/id/eprint/4828.

G. G. Permady, Pengaruh merendam kaki dengan air hangat terhadap kualitas tidur lansia di wilayah kerja puskesmas astanalanggar kecamatan losari cirebon jawa barat. 2015.

H. Q. AWAL and О. Ð . Ш. И. Ð’. И. , О.Ð’.Ковалишина, “HUBUNGAN ANTARA KUALITAS TIDUR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEPERAWATAN ANGKATAN 2014 UIN ALAUDDIN MAKASSAR,†ВеÑтник РоÑздравнадзора, vol. 4, pp. 9–15, 2017.

J. Susah, “Penelitian Ungkap Malas Bangun Pagi adalah Salah Satu Ciri Orang Pintar,†2019.

Y. Dharmawan, “TEMPAT TIDUR UNIT RAWAT INAP SEMARANG Untuk memenuhi persyaratan mencapai derajat Sarjana S2 Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat konsentrasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan NIM : E2A030027 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS DIPONEGORO,†2006.

M. H. Widianto, “Proteus sebagai aplikasi software pengendali mikrokontroller,†2020.

M. Anif, S. Siswanto, and G. P. Utama, “Monitoring Ruangan Jarak Jauh Menggunakan Mikrokontroler Dfrduino, Sensor Passive Infrared dan Buzzer,†Pros. SISFOTEK, vol. 3584, 2017, [Online]. Available: http://www.seminar.iaii.or.id/index.php/SISFOTEK/article/download/30/22.

Downloads

Published

2018-12-27

URN