Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Kepulangan Pasien Covid-19 Dari Ruang Isolasi Menggunakan Metode COPRAS (Complex Proportional Assessment)

Authors

  • Tri Sakti Sembiring STMIK Triguna Dharma
  • Mukhlis Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i7.3600

Abstract

Corona Virus Disease 19 atau biasa disebut Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan, pasien yang terpapar covid-19 akan dirawat di ruang terisolasi, dalam hal ini ruang isolasi belum memiliki sistem yang terstruktur dalam menentukan kelayakan kepulangan pasien covid-19 sehingga rentan sekali terjadinya kekeliruan kepala ruang isolasi dalam menentukan kelayakan kepulangan pasien. Hal ini dapat diantisipasi dengan adanya sebuah sistem evaluasi berbasis sistem pendukung keputusan. Sebuah sistem yang dapat melakukan proses perhitungan komputasi untuk menentukan kelayakan kepulangan pasien covid-19 dari ruang isolasi menggunakan metode complex proportional assessment sebagai solusi pendekatan pemecahan masalah. Dengan adanya sistem ini, membantu pengambilan keputusan melalui penggunaan data dan model-model keputusan untuk memecahkan masalah yang sifatnya semi terstruktur dan tidak terstrktur. Hasil dari penelitian ini : Berdasarkan Permasalahan yang di bahas maka di bangunlah sistem pendukung keputusan yang mengadopsi complex proportional assessment dalam pemecahan masalah penentuan kelayakan kepulangan pasien covid-19 dari ruang isolasi. Dari masalah-masalah yang ada, maka judul yang di tetapkan dalan penelitian ini adalah “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kelayakan Kepulangan Pasien Covid-19 Dari Ruang Isolasi Menggunakan Metode Copras (Complex Proportional Assessment)â€.

Author Biographies

Tri Sakti Sembiring, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Mukhlis Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Fifin Sonata, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

S. Syafrida and R. Hartati, “Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia,†SALAM J. Sos. Dan Budaya Syar-I, vol. 7, no. 6, pp. 495–508, Apr. 2020, doi: 10.15408/sjsbs.v7i6.15325.

S. P. COVID-19, “Beranda | Satgas Penanganan COVID-19,†covid19.go.id. https://covid19.go.id/ (accessed Feb. 01, 2021).

J. Hutagaol and K. M. Hutahaean, “Sistem Pendukung Kepetusan Pembelian Laptop Bekas dengan Menerapkan Metode Preference Selection Index (PSI),†p. 6, 2019.

T. Y. M. Sihite, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelompok Nelayan Terbaik Menerapkan Metode COPRAS,†vol. 7, no. 2, p. 5, 2020.

G. Ginting, S. Alvita, A. Karim, M. Syahrizal, and N. K. Daulay, “Penerapan Complex Proportional Assessment (COPRAS) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†vol. 4, p. 16, 2020.

Downloads

Published

2022-07-05

Issue

Section

Articles

URN