Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Syaraf Terjepit Pada Tulang Belakang Hnp (Herniated Nucleus Pulposus) Menggunakan Metode Teorema Bayes

Authors

  • Larasati Pardede STMIK Triguna Dharma Medan
  • Purwadi Purwadi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Hafizah Hafizah STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.3513

Abstract

HNP (Herniated Nucleus Pulposus) adalah suatu kondisi yang mengacu pada masalah yang dapat menyebabkan rasa sakit pada ruas-ruas tulang belakang, leher hingga pergelangan tangan. Penyakit ini biasa disebut dengan syaraf terjepit baik pada punggung (Lumbal) dan leher (Servikal).Metode yang digunakan adalah Sistem Pakar (SP) dijadikan sebagai suatu model dan prosedur yang berkaitan dalam suatu domain tertentu yang mana tingkat keahliannya dapat dibandingkan dengan keahlian seorang pakar dalam mendiagnosa penyakit syaraf terjepit pada tulang belakang HNP, Sistem ini dibangun menggunakan metode Teorema Bayes (TB). Motode tersebut untuk menghasilkan estimasi parameter dengan menggabungkan informasi dari sampel informasi lain yang telah tersedia sebelumnya.Adapun sistem yang dapat dibangun adalah sistem informasi komputer berbasis desktop, dimana sistem tersebut menggunakan bahasa pemograman Microsoft Visual Basis, Microsoft Access untuk database dan pelaporan dengan Crystal Reports.

Author Biographies

Larasati Pardede, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Purwadi Purwadi, STMIK Triguna Dharma Medan

Manajemen Informatika

Hafizah Hafizah, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

E. S. Harahap, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Syaraf Terjepit Pada Tulang Belakang ( HNP ) Menerapkan Metode Case Based Reasoning,†vol. 1, no. 4, pp. 352–357, 2020.

https://ojs.amikom.ac.id/index.php/dasi/article/view/1913

L. Anggiat, I. J. Fransisko, and S. SSt.Ft, “Terapi Konvensional Dan Metode Mckenzie Pada Lansia Dengan Kondisi Low Back Pain Karena Hernia Nukleus Pulposus Lumbal,†J. Fisioter. dan Rehabil., vol. 4, no. 2, pp. 44–57, 2020, doi: 10.33660/jfrwhs.v4i2.113.

A. Herliana, N. F. Yudhiono, and Fitriyani, “Sistem pakar diagnosis penyakit hernia nukleus pulposus menggunakan forward chainning berbasis web,†J. Kaji. Ilm., vol. 17, no. 3, p. 86, 2017.

J. Nasir and J. Jahro, “Sistem Pakar Konseling Dan Psikoterapi Masalah Kepribadian Dramatik Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web,†Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 3, no. 1, pp. 37–48, 2018, doi: 10.36341/rabit.v3i1.225.

H. T. SIHOTANG, E. Panggabean, and H. Zebua, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Herpes Zoster Dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes,†vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.31227/osf.io/rjqgz.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN