Penerapan Metode Preference Selection Index (PSI) Dalam Menentukan Kelayakan Penerimaan Bantuan Bahan Pangan dan Material Pada Masa Pandemi Di Desa Tanjung Morawa A

Authors

  • Ridho Aulia Mahqoma Angkat STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i2.3490

Abstract

Sejak pandemi virus corona yang mulai menyebar di Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Tanjung Morawa A terkena dampak yang cukup signifikan. Sehingga Walikota Kota Medan memiliki sebuah program bantuan berupa bahan pangan dan material. Namun sayang proses pengolahan data penerima bantuan yang telah dilakukan pendataan pada periode tahun 2020 masih belum tersistematis atau lebih bersifat manual sehingga sering kali terjadi tindakan kecurangan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab terkait seperti penilaian secara subjektif, maka dari itu penentuan status kelayakan mengalami kurangnya kualifikasi yang tepat dan akurat. Untuk membantu agar proses penentuan tingkat kelayakan penerimaan bantuan yang lebih baik, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis komputer sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan melalui dukungan metode PSI dengan menentukan nilai rata-rata yang digunakan sebagai nilai batas prioritas, maka status kelayakan penerima bantuan akan didapat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah untuk menentukan tingkat kelayakan penerimaan bantuan bahan pangan dan material pada masa pandemi di Desa Tanjung Morawa A. Sehingga dengan status kelayakan tersebut tindakan kecurangan yang sering terjadi dan merugikan masyarakat khususnya penerima bantuan yang layak akan berkurang karena transparansi antara masyarakat dengan pihak KAUR Keuangan.

Author Biographies

Ridho Aulia Mahqoma Angkat, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jufri Halim, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Bkm, “Profil bkm pendawa desa tanjung morawa a,†pp. 8–11, 2012.

E. Ridhawati, . Z., and D. Yunita, “Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Laptop,†J. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 2, pp. 71–77, 2017, doi: 10.35959/jik.v4i2.129.

M. Mesran, N. Huda, S. N. Hutagalung, K. Khasanah, and A. Iskandar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supervisor Terbaik Pada Bagian Perencanaan Pt. Pln (Persero) Area Medan Menerapkan Preference Selection Index,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 403–409, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.966.

R. Panggabean and N. A. Hasibuan, “Penerapan Preference Selection Index ( PSI ) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Supervisor Housekeeping,†vol. 1, no. 2, pp. 85–93, 2020.

Sigiyono, “Metode Dan Tehnik Penelitian,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

Downloads

Published

2019-03-02

URN