Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Kelayakan Pemberian Pinjaman Pada Nasabah PNM Mekaar Cabang Delitua Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Arihta Kaban STMIK Triguna Dharma
  • Asyahri Hadi Nasyuha STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Syaifuddin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i5.3475

Abstract

PNM Membina Keluarga Sejahtera (PNM Mekaar) merupakan layanan permodalan berbasis kelompok yang diperuntukkan bagi perempuan prasejahtera pelaku usaha, baik yang ingin memulai usaha maupun mengembangkan usaha. PNM Mekaar bertujuan untuk membimbing dan mensejahterakan masyarakat sehingga mencapai derajat kehidupan yang lebih baik. Selama ini PNM Mekaar Cabang Delitua belum mempunyai standarisasi dalam menentukan nasabah yang akan mendapat pinjaman dan dilakukan dengan proses manual  sehingga kurang efektif dan sering menimbulkan kesalahan dan juga memerlukan waktu yang cukup lama karena harus melewati banyak tahap prosedur.Maka dari itu dibutuhkan teknologi informasi dan Decison Support System sebagai alat bantu untuk menentukan kelayakan pemberian pinjaman dengan menggunakan metode WASPAS, dengan cara mencari nilai bobot setiap kriteria, kemudian melakukkan proses perangkingan .Hasil penelitian ini merupakan terciptanya sebuah aplikasi sistem pendukung keputusan dengan metode WASPAS yang dapat membantu PNM Mekaar Cabang Delitua dalam menentukan keputusan pemberian pinjaman.

Author Biographies

Arihta Kaban, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Asyahri Hadi Nasyuha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Syaifuddin, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. Miskin and K. Campalagian, “Vol. 5, No. 1, Mei 2020,†vol. 5, no. 1, pp. 1–14, 2020.

A. H. Nasyuha, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Pemberian Pinjaman Modal dengan Metode Multi Attribute Utility Theory,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 2, p. 117, 2019.

T. Haryanti, L. Kurniawati, and S. Riyadi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Rumah Tangga Miskin Pada Desa Cibangkong Dengan Metode Waspas,†J. Ris. Inform., vol. 1, no. 4, pp. 197–204, 2019.

G. Ginting, V. W. Lingga, I. L. L. Gaol, and R. W. L. Gaol, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Producut Assessmen t ( WASPAS ),†Ris. Komput., pp. 308–314, 2018.

sufri yono Hutagalung, F. Pratiwi, and I. Wijaya, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Keputusan Penerimaan Beasiswa,†Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 79–84, 2018.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

M. Handayani and N. Marpaung, “Implementasi Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (Waspas) Dalam Pemilihan Kepala Laboratorium,†Semin. Nas. R. 2018 ISSN 2622-9986 STMIK R. R. ISSN 2622-6510 , vol. 9986, no. September, pp. 253 – 258, 2018.

Downloads

Published

2022-07-18

Issue

Section

Articles

URN