Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pestisida Terbaik Dalam Mencegah Hama Pada Tanaman Cabai Dengan Menggunakan Metode Multi ObjectiveOptimizationOn The Basis Of Rasio Analysis (MOORA)

Authors

  • Manimbul Hamonangan Butar-Butar STIMIK Triguna Dharma
  • Hendra Jaya STIMIK Triguna Dharma
  • Faisal Taufik STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.3440

Abstract

Pestisida merupakan bahan yang digunakan dalam mencegah, membasmi atau mengendalikan hama yang ada pada tanaman, terutama pada tanaman cabai. Dalam hal ini, begitu banyaknya jenis-jenis pestisida yang beredar dijual di pasaran-pasaran yang memiliki keunggulan produk masing-masing yang ditawarkan pada setiap pembeli, sehingga para pembeli harus lebih berhati-hati dan lebih teliti dalam memilih pestisida yang akan digunakan nantinya untuk mencegah hama pada tanaman cabai, oleh karena itu, karena banyaknya keunggulan dan jenis-jenis produk yang sangat menarik maka pembeli merasa bingung dalam memilih pestisida. Sistem Pendukung Keputusan merupakan bagian dari sistem informasi yang berbasis komputer yang dipakai untuk mendukung atau membantu pengambilan keputusan untuk suatu organisasi, perusahaan, lembaga pendidikan dan tentunya juga pada bidang pertanian. MOORA merupakan metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem pendukung keputusan pemilihan pestisida yang tepat pada tanaman cabai yang nantinya dapat digunakan pelajar ataupun mahasiswa yang sedang melakukan penelitian dalam hal pencegahan dan penanggulangan hama.

Author Biographies

Manimbul Hamonangan Butar-Butar, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Hendra Jaya, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Faisal Taufik, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

M. E. Simbolon, S. Saifullah, and J. T. Hardinata, “Spk Dalam Merekomendasikan Pestisida Terbaik Untuk Membunuh Hama Pada Tananaman Padi Menggunakan Metode Maut,†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 667–673, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1676. V. Angela and B. Syukri, “PENGARUH PUPUK TANIJAU DAN NPK MUTIARA TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN SEMANGKA ( Citrullus benih unggul dan pemupukan . Benih,†vol. XIX, pp. 149–162, 2020.

M. Mesran, P. Pristiwanto, and I. Sinaga, “Implementasi Promethee Ii Dalam Pemilihan Pestisida Terbaik Untuk Perawatan Daun Pada Tanaman Cabe,†Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 3, no. 2, p. 139, 2018, doi: 10.24114/cess.v3i2.9956.

D. N. Iswanti, “‘ Analisis Dan Perancangan Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Program Studi Pada Universitas Adiwangsa Jambi ,’†vol. 5, no. 1, 2020.

P. Yunita, “Spk Pemilihan Bantuan Bedah Rumah Pada Kelurahan Purnama Menggunakan Metode Saw,†JISKA (Jurnal Inform. Sunan Kalijaga), vol. 4, no. 1, p. 57, 2019, doi: 10.14421/jiska.2019.41-06.

D. Mahdiana, “Pengadaan Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek : Studi Kasus Pt . Liga Indonesia,†J. Telemat., vol. 3, no. 2, pp. 36–43, 2016.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN