Implementasi Algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) Untuk Keamanan Data Nilai Siswa Pada SMK Multi Karya Medan

Authors

  • Machsudirwan Alrido STMIK Triguna Dharma
  • Nurcahyo Budi Nugroho STMIK Triguna Dharma
  • Moch. Iswan Perangin-Angin STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3400

Abstract

Zaman semakin maju dan canggih, maka semakin besar pula pengaruh perkembangan teknologi dan komunikasi terhadap keamanan data. Dimana banyaknya kasus pencurian data yang sangat beragam seperti pencurian data yang bersifat privasi seperti data identitas, data perusahaan, laporan keuangan, bahkan data nilai siswa. Bagaikan peran jantung terhadap tubuh makhluk hidup, peran keamanan data  merupakan hal yang sangat penting dalam suatu instansi, perusahaan ataupun organisasi demi menjaga beberapa aspek keamanan seperti kerahasiaan, integritas, otentikasi, dan lain sebagainya. Saat ini untuk memudahkan dalam beraktivitas termasuk Sekolah Menengah Kejuruan Multikarya yang merupakan instansi pendidikan yang memiliki beberapa data penting dan masih menggunakan sistem offline atau cetak berkas, salah satunya adalah data nilai siswa dimana di zaman teknologi yang serba canggih ini sangat rentan untuk dicuri dan dimanipulasi. Berdasarkan masalah diatas maka diperlukan suatu aplikasi mengenai pengamanan untuk mengamankan data nilai siswa dengan menggunakan teknik pengamanan kriptografi algoritma Rivest Shamir Adleman (RSA) dimana aplikasi ini berbasis desktop. Dengan aplikasi ini para guru atau wali kelas pada SMK Multi Karya dapat dengan mudah mengamankan data nilai siswa.

Author Biographies

Machsudirwan Alrido, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Nurcahyo Budi Nugroho, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Moch. Iswan Perangin-Angin, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

Ariffin, Z. (2009). Studi Kasus Penggunaan Algoritma RSA Sebagai Algoritma Kriptografi yang Aman. Jurnal Informatika

Mulawarman, 4(3), 8-9.

Ariyus, D. (2008). Pengantar Ilmu Kriptografi. Yogyakarta : C.V ANDI OFFSET.

Chazar, C. (2015). Standar Manajemen Keamanan Sistem Informasi Berbasis ISO/IEC 27001:2005. Jurnal Informasi, 7(2),

-50.

Ginting, A., Isnanto, R.R., & Windasari, I.P. (2015). Implementasi Algoritma Kriptografi RSA untuk Enkripsi dan Dekripsi Email. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 3(2), 254.

Harahap, M.K. (2016). Analisis Perbandingan Algoritma Kriptografi Klasik Vigenere Cipher dan One Time Pad. Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan, 1(1), 62.

Listiyono, H. (2009). Implementasi Algoritma Kunci Public Pada Algoritma RSA. Dinamika Informatika, 1(2), 96. Lubis, M.S., Budiman, M.A., & Manik, K.L. (2013). Penggunaan Algoritma RSA Dengan Metode The Sieve of Eratosthenes dalam Enkripsi dan Dekripsi Pengiriman Email. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2013.

Nathasia, N.D., & Wicaksono, A.E. (2011). Penerapan Teknik Kriptografi Stream-Cipher Untuk Pengaman Basis Data. Jurnal Basis Data ICT Research Center UNAS, 6(1), 4.

Pabokory, F.N., Astuti, I.F., & Kridalaksana, A.H. (2015). Implementasi Kriptografi Pengamanan Data Pada Pesan Teks, Isi File Dokumen, dan File Dokumen Menggunakan Algoritma Advanced Encryption Standard. Jurnal Informatika Mulawarman, 10(1), 22.

Rosa A.S., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung : Informatika.

Santi, R.C.N. (2010). Implementasi Algoritma Enkripsi Playfair pada File Teks. Jurnal Teknologi Informasi

DINAMIK, 15(1), 28.

Santoso, K.I. (2013). Dua Faktor Pengamanan Login Web Menggunakan Otentikasi One Time Password dengan Hash SHA. Seminar Nasional Teknologi & Komunikasi Terapan 2013.

Santoso, & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas. Jurnal Integrasi, 9(1), 86-87.

Sitinjak, S., Fauziah, Y., & Juwariyah. (2010). Aplikasi Kriptografi File Menggunakan Algoritma Blowfish. Semina Nasional Informatika 2010.

Syahputra, H., & Herdiyatmoko, H.F. (2012). Aplikasi Enkripsi Data Pada File Teks dengan Algoritma RSA (Rivest ShamirAdleman). Seminar Nasional Teknologi dan Komunikasi Terapan 2012.

Zelvina, A., Efendi, S., & Arisandi, D. (2012). Aplikasi Pembelajaran Kriptografi Kunci Publik ElGamal Untuk Mahasiswa. Jurnal Dunia Teknologi Informasi, 1(1), 57.

Downloads

Published

2021-02-28

URN