Smoke Filtering System Pada Sirkulasi Ruangan Industri Menggunakan Teknik PWM (Pulse Width Modulation) Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Indra Hermawan Nainggolan STMIK Triguna Dharma
  • Zulfian Azmi STMIK Triguna Dharma
  • Ardianto Pranata STIMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3363

Abstract

Pabrik industri merupakan tempat pengolahan bahan baku pokok menjadi bahan yang siap dipasarkan ke berbagai daerah. Pada pabrik industri memiliki banyak pekerja yang tempatkan pada setiap ruangan yang ada pada pabrik sesuai posisi yang dimikili masing-masing pekerja. Pada umumnya, ruangan pabrik memiliki sistem yang tertutup, hal ini dilakukan agar bahan olahan yang diproduksi tetap terjaga kualitas dan kuantitasnya saat dipasarkan. Teknik PWM (Pulse Width Modulation) digunakan mengatur kecepatan putaran fan dc 12 Volt, dimana jika asap pada ruangan semakin banyak maka kecepatan output akan semakin kencang dan akan kembali normal/ Off jika asap sudah tidak terdeteksi sensor. Dengan menggunakan mikrokontroler atmega 8535 sebagai sistem kendalinya dan sebagai penyimpan programnya menjadikan sistem ini akan lebih efisien saat dipergunakan, dan dengan memanfaatkan sensor MQ2 sebagai inputan, fan DC 12V sebagai outputnya beserta LCD sebagai penampilkan data.Oleh karena, pada pengujian sistem ini didapatkan hasil yang sesuai dengan konsep yang diharapkan sebagai penyaringan asap secara otomatis pada ruangan.

Author Biographies

Indra Hermawan Nainggolan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Zulfian Azmi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ardianto Pranata, STIMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

A. Hasairin and R. Siregar, “Deteksi Kandungan Gas Karbon Monoksida (Co) Hubungan Dengan Kepadatan Lalu-Lintas Di Medan Sunggal, Kota Medan,†J. Biosains, vol. 4, no. 1, p. 62, 2018, doi: 10.24114/jbio.v4i1.9841.

F. Gayuh and U. Dewi, “Pengaruh Kecepatan Dan Arah Aliran Udara Terhadap Kondisi Udara Dalam Ruangan Pada Sistem Ventilasi Alamiah,†J. Rekayasa Mesin, vol. 3, no. 2, pp. 299–304, 2012.

I. Larasati, P. Moengin, and S. Adisuwiryo, “Perbaikan tata letak lantai produksi untuk meminimasi waktu produksi dengan menggunakan metode simulasi pada PT. Argha Karya Prima Industry, Tbk,†J. Tek. Ind., vol. 8, no. 1, pp. 47–58, 2018.

M. Zoni, “Dengan Karakteristik Invers Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535,†no. 1, pp. 51–57, 2012.

F. puri Himawan, U. Sunarya, and D. A. Nurmantris, “Perancangan Alat Pendeteksi Asap Berbasis Mikrokontroller, Modul GSM, Sensor Asap, Dan Sensor Suhu,†E-Proceeding Appl. Sci., vol. Vol.3 No., no. 3, pp. 1963–1968, 2017.

I. Bagus, F. Citarsa, I. Nyoman, W. Satiawan, and K. Wiryajati, “Pengaruh Teknik Modulasi PWM pada Keluaran Inverter Tiga Fasa untuk Pengaturan Kecepatan Variabel Motor Induksi,†Jur. Tek. Elektro Fak. Tek. Univ. Mataram, vol. 2, no. 1, pp. 948732–39, 2015.

Downloads

Published

2021-02-28

URN