Implementasi Algoritma Fp-Growth Dalam Menganalisa Pola Penjualan Produk Kecantikan Pada PT.Mitra Andal Sejati Mendan

Authors

  • sdr\i Siti Siti mawati STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Deski Helsa Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i6.3323

Abstract

Abstrak PT. Mitra Andal Sejati Medan merupakan perusahaan yang bergerak dalam penjualan produk kecantikan yang menghasilkan banyak transaksi penjualan setiap harinya. Kebanyakan data transaksi penjualan tidak dimanfaatkan kembali, hanya disimpan sebagai arsip dan untuk pembuatan laporan penjualan maka akan menimbulkan masalah baru dimana data akan terus menumpuk sehingga perusahaan harus menyediakan biaya untuk pemeliharaan data tersebut.Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan sebuah aplikasi data mining yang mampu mengatur pola penjualan produk kecantikan pada PT. Mitra Andal Sejati Medan dimana setiap data yang diperoleh dari PT. Mitra Andal Sejati Medan akan dihitung menggunakan algoritma FP-Growth. Hasil dari penelitian adalah sebuah aplikasi datamining yang mengadopsi algoritma FP-Growth serta mampu menjawab permasalahan tekait mengatur pola penjualan produk kecantikan pada PT. Mitra Andal Sejati Medan.

Author Biographies

sdr\i Siti Siti mawati, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi Komputer

Deski Helsa Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi Komputer

References

. D. A. Aisyah, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Kinerja pada Proyek Apartemen Mega City Bekasi,†Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, vol. 3, pp. 344-352, 2017.

. D. Nofriansyah, “Penerapan Data Mining dengan Algoritma Naive Bayes Clasifier untuk Mengetahui Minat Beli Pelanggan terhadap Kartu Internet XL (Studi Kasus di CV. Sumber Utama Telekomunikasi),†Saintikom, vol. 15, pp. 81-92, 2016.

. S. Kurniawan, “Analisis Algoritma FP-Growth Untuk Rekomendasi Produk Pada Data Retail Penjualan Produk Kosmetik (Studi Kasus : MT Shop Kelapa Gading),†SENTIKA, vol. 2, pp. 61-69, 2018.

. Sejati Medan (Martinus Giawa) dan HRD (Wulandari).Fitriyani, “Implementasi Algoritma Fpgrowth Menggunakan Association Rule Pada Market Basket Analysis,†Informatika, vol. 2, pp. 296-305, 2015.

. Retno, Data Mining & Teori dan Aplikasi Rapidminer, Gaya Media, 2017.

. T. I. Andini, “Prediksi Potensi Pemasaran Produk Baru dengan Metode Naïve Bayes Classifier dan Regresi Linear,†SNATI, pp. 27-32, 2016.

. Y. Mardi, “Klasifikasi Mengunakan Algoritma C4.5,†Edit Informatika, vol. 2, pp. 213-219, 2017.

. F. F. Wati, “Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada UD Dwi Surya Aluminium Dan Kaca Yogyakarta,†Paradigma, vol. 21, pp. 149-156, 2019.

. R. Gusrizaldi, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan Di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,†Valuta, vol. 2, pp. 286-303, 2016.

. L. Pangaribuan, “Efek Samping Kosmetik Dan Penangananya Bagi Kaum Perempuan,†Keluarga Sehat Sejahtera, vol. 15, pp. 20-28, 2017.

. I. Astrina, “Penerapan Algoritma FP-Growth Dalam Penentuan Pola Pembelian Konsumen Pada Kain Tenun Medali Mas,†Matrix, vol. 9, pp. 32-40, 2019.

. D. Listriani, “Penerapan Metode Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Aplikasi Analisa Pola Belanja Konsumen (Studi Kasus Toko Buku Gramedia Bintaro),†Teknik Informastika, vol. 2, pp. 120-127, 2016

Downloads

Published

2018-09-27

URN