Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam E-Recruitment Pegawai SSA (Staff Sales Administrasi) Pada PT.Kimia Farma Dengan Menggunakan Metode Additive Ratio Assesment (ARAS)

Authors

  • Ayu Wulandari STMIK Triguna Dharma Medan
  • Muhammad Zunaidi STMIK Triguna Dharma Medan
  • Trinanda Syahputra STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.3319

Abstract

Sales Administrasi merupakan seseorang yang melalukan proses menciptakan, mengkomunikasikan, dan menyerahkan nilai yang bertujuan untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk dan jasa, sehingga tercipta hubungan pelanggan yang menghasilkan penjualan.  Misalnya, dalam hal membantu pihak perusahaan melakukan transaksi penjualan.Agar mempermudah dalam proses penentuan keputusan terkait pemilihan pegawai baru maka dibuatlah sebuah program Sistem Pedukung Keputusan. Sistem Pendukung Keputusan merupakan sistem yang berguna dalam membantu user dalam menentukan sebuah keputusan dengan proses yang sistematis. Sistem pendukung keputusan biasanya digunakan untuk menentukan suatu hal yang memiliki nilai kriteria yang dimana semakin banyak kriteria yang dipilih semakin besar kemungkinan sistem akan memilih objek tersebut.Dalam penyelesaian masalah terkait recruitment Staff Sales Administrasi ini, metode yang digunakan adalah metode ARAS. Metode ARAS ini memiliki perhitungan yang mudah dipahami.

Author Biographies

Ayu Wulandari, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Muhammad Zunaidi, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Trinanda Syahputra, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

I. Kusdyah Rachmawati, Manajemen Sumber Daya Manusia. 2008.

T. Authors and C. Ekonomos, “© 2018 The Authors. Published by Cano Ekonomos,†vol. 7, no. 1, pp. 42–49, 2018.

S. Kosasi and K. Barat, “Pengembangan Aplikasi E-Recruitment Dalam,†pp. 131–140.

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot,†Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

M. A. Hasmi, M. Mesran, and B. Nadeak, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Instruktur Fitness Menerapkan Metode Additive Ratio Assessment (Aras) (Studi Kasus : Vizta Gym Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 121–129, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.918.

Downloads

Published

2019-11-26

URN