Smart Assesment System Penentuan Kelayakan Calon Manajer HRD (Human Resource Development) Pada PT.Kimia Farma Menggunakan Metode MOORA (Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis)

Authors

  • Febri Yanto STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Muhammad Dahria STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN
  • Ita Mariami STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.3281

Abstract

PT. Kimia Farma merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang produk layanan kesehatan di Medan yang saat ini sedang mengalami kendala, beberapa kendala tersebut diantaranya adalah dalam hal penentuan kelayakan calon manajer HRD (Human Resource Development), salah satu kendala yang dihadapi adalah proses penilaian pada perusahaan yang masih secara manual serta tidak berdasarkan kriteria penilaian yang ditetapkan sehingga kurang efektif dan efisien khususnya dari segi waktu.Atas dasar masalah tersebut, maka dengan memilih bidang keilmuan sistem pendukung keputusan dengan mengadopsi metode MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis of Ratio Analysis), diharapkan dengan metode MOORA ini mampu menyelesaikan masalah dengan kriteria-kriteria yang sesuai standar penilaian perusahaan secara transparan, tepat,  efektif. dan efisien.Hasil dari penelitian dalah sebuah aplikasi Smart Assesment System berbasis sistem pendukung keputusan yang mengadopsi metode MOORA yang mampu menjawab permasalahan yang ada di PT.Kimia Farma terkait khususnya dalam hal penentuan kelayakan calon manajer HRD (Human Resource Development).

Author Biographies

Febri Yanto, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

Muhammad Dahria, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

Ita Mariami, STMIK TRIGUNA DHARMA MEDAN

Sistem Informasi

References

M. Agustina, “Penentuan Team Leader, Supervisor Dan Facility Services Pada Perusahaan Jasa Berdasarkan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique (Smart),†J. Ilm. Matrik, vol. 21, no. 1, pp. 64–75, 2019, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v21i1.519.

Y. Aldi Muharsyah, Soraya Rahma Hayati, M.Ikhsan Setiawan, Heri Nurdiyanto, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Jurnalis Menerapkan Multi Obective Optimization On the Basis Of Ratio Analysis (MOORA),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2018.

S. Manurung, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Dan Pegawai Terbaik Menggunakan Metode Moora,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 1, pp. 701–706, 2018, doi: 10.24176/simet.v9i1.1967.

L. F. Israwan, “Penerapan Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio (Moora) Dalam Penentuan Asisten Laboratorium,†J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, pp. 19–23, 2019, doi: 10.35329/jiik.v5i1.28.

A. Y. Labolo, “Kelompok Tani Menggunakan Metode Profile Matching,†vol. 4, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2019-11-26

URN