Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Rekanan Supplier Beras Di CV. Abdi Rakyat Dengan Menggunakan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Muhammad Ilham STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3263

Abstract

Pertanian memegang peranan penting pada perekonomian Indonesia. Untuk mengimbangi semakin pesat laju pertumbuhan penduduk Indonesia, maka peranan supplier beras juga samgat penting untuk memenuhi bahan pokok utama masyarakat Indonesia.Tingginya kebutuhan beras disebabkan oleh sebagian besar penduduk Indonesia beranggapan bahwa, beras merupakan makanan pokok yang belum dapat digantikan keberadaanya. CV Abdi Rakyat adalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan penyalur bahan kebutuhan pokok utama seperti beras. CV.Abdi Rakyat dalam menentukan supplier bera yaitu ; dengan menentukan variasi harga, kualitas beras, ketersediaan beras dan kebersihan kilang. Dengan begitu banyaknya jumlah supplier, pemilihan supplier beras masih menjadi masalah karena masih dilakukan dengan cara manual.Penelitian ini akan membuat sebuah Sistem Pendukung keputusan Metode WASPAS  untuk menentukan rekanan supplier beras di CV. Abdi Rakyat dan diharapkan dapat menemukan pengambilan keputusan secara tepat. Hasil dari penelitian ini aplikasi yang digunakan adalah berbasis dekstop yang dapat mengimplementasikan metode WASPAS  untuk menentukan rekanan supplier beras di CV. Abdi Rakyat.

Author Biographies

Muhammad Ilham, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

S. Sugiarti, D. K. Nahulae, T. E. Panggabean, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kebijakan Strategi Promosi Kampus Dengan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†JURIKOM (Jurnal Ris. Komputer), vol. 5, no. 2, pp. 103–108, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C103.

N. P. Rizanti, L. T. Sianturi, and M. Sianturi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Pertukaran Pelajar Menggunakan Metode PSI (Preference Selection Index),†Semin. Nas. Teknol. Komput. dan Sains, pp. 263–269, 2019.

Sriani and R. A. Putri, “Analisa Sistem Pendukung Keputusan Mengunakan Metode TOPSIS Untuk Sistem Penerimaan Pegawai Pada SMA Al Washliyah Tanjung Morawa,†J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 02, no. April, pp. 40–46, 2018.

N. K. Daulay, “Penarapan Metode Waspas Untuk Efektifitas Pengambilan Keputusan Pemutusan Hubungan Kerja,†vol. 2, pp. 196–201, 2021, doi: 10.30865/json.v2i2.2773.

A. Safitra, I. Lubis, and N. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode WASPAS,†Semin. Nas. Sains Teknol. Inf., pp. 141–147, 2018.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN