Penerapan Data Mining Untuk Menganalisa Data Penjualan Makanan Pada Cafe Bimo Dengan Menggunakan Algoritma APRIORI

Authors

  • Kurnia Indah Sari STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Khairi Ibnutama STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i10.3250

Abstract

Cafe Bimo adalah cafe yang didirikan oleh bapak suprayitno di Jl. H.T Rizal Nurdin Perbaungan. Pemilik Cafe Bimo merasa dalam beberapa bulan terakhir, tingkat penjualan mereka menurun diakibatkan oleh adanya persaingan dengan cafe yang lain di sekitaran daerah tersebut. Permasalahan yang terjadi pada cafe bimo ini adalah sering tidak optimal dalam melakukan sebuah strategi pemasaran yang mereka buat. Dikarenakan strategi yang mereka lakukan hampir sama dan bahkan kurang dari strategi pelayanan dari cafe lain terhadap konsumen.Dengan berdasarkan transaksi penjualan di Cafe Bimo, untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu cara bagaimana mendapatkan pola kombinasi menu makanan berdasarkan kondisi dilapangan. untuk mendapatkan pola kombinasi tersebut maka dapat dilakukan dengan menggunakan penerapan ilmu pengetahuan (Artificial Intelegent) yaitu dengan Data Mining. Dalam permasalahan kasus seperti ini dapat menerapkan asosiasi menggunakan algoritma apriori.Hasil dari penelitian ini menghasilkan pola rekomendasi menu makanan yang akan dipergunakan oleh Cafe Bimo dan dapat meningkatkan strategi penjualan makanan melalui data penjualan makanan, sistem ini juga dapat membantu pelanggan dalam memilih menu makanan yang memiliki keterkaitan atau sering dibeli pelanggan lainnya dengan adanya rekomendasi menu makanan.

Author Biographies

Kurnia Indah Sari, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

Khairi Ibnutama, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi (SI)

References

M. Yetri and S. Yakun, “Data Mining Untuk Analisis Pola Pemilihan Menu Pada Penang Corner Cafe Dan Resto Menggunakan Algoritma Apriori,†J-SISKO TECH J. Teknol. Sist. Inf. dan Sist. Komput. TGD, vol. 1, no. 2, pp. 114–123,2018,[Online].Available: https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jsk/article/view/37.

M. P. Tana, F. Marisa, and I. D. Wijaya, “Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Pada Toko Oase Menggunakan Algoritma Apriori,†J I M P - J. Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 3, no. 2, pp. 17–22, 2018, doi: 10.37438/jimp.v3i2.167.

A. G. Ganeffo, “Penerapan Data Mining Untuk Analisis Pola Pembelian Produk Pada Clapper Movie Café Menggunakan Metode Association Rule,†2015.

E. P. Cynthia and E. Ismanto, “Metode Decision Tree Algoritma C.45 Dalam Mengklasifikasi Data Penjualan Bisnis Gerai Makanan Cepat Saji,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 3, no. July, p. 1, 2018, doi: 10.30645/jurasik.v3i0.60.

Y. Asriningtias et al., “Aplikasi Data Mining Untuk Menampilkan Informasi Tingkat Kelulusan Mahasiswa,†J. Inform. Ahmad Dahlan, vol. 8, no. 1, p. 103640, 2014, doi: 10.12928/jifo.v8i1.a2082., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.

Downloads

Published

2020-10-30

URN