Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Jumlah Stok Barang Di Toko Sinar Mas Medan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

Authors

  • Massittah Rani STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Nur Yanti Lumban Gaol STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.3241

Abstract

Pada Toko Sinar Mas Medan jumlah stok barang merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar permintaan konsumen terpenuhi. Kemudahan dalam memberikan informasi terhadap konsumen sangat dibutuhkan karena masih banyak yang menggunakan cara manual sehingga mengakibatkan terjadinya keterlambatan dalam memberikan informasi stok barang. Saat terjadi ketidaksesuaian barang dengan spesifikasi yang diharapkan, maka tidak menutup kemungkinan terjadi adanya kesalahan. Untuk membantu agar lebih baik kedepan, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis komputer sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan dengan dukungan metode Fuzzy Tsukamoto dengan menentukan jumlah stok barang.Hasil dari sistem ini akan menghasilkan suatu sistem persediaan barang menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto yang diterapkan di Toko Sinar Mas Medan untuk membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang ada untuk menghasilkan laporan-laporan berupa laporan stok , laporan persediaan, laporan produksi.

Author Biographies

Massittah Rani, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Nur Yanti Lumban Gaol, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. N. Bustaman, P. Pengendalian, P. Barang, and M. Model, “Nurul Novianti Bustaman, 2013 Program Pengendalian Persediaan Barang Menggunakan Model Probabilistik Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu 1,†pp. 1–4.

“Universitas Sumatera Utara,†pp. 10–36, 1996.

B. C. Kosasih and N. Setiyawati, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PEMESANAN BARANG MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY TSUKAMOTO ( STUDI KASUS : STUDIO FOTO KENCANA ) Decision Support System For Determining Goods ’ Order Using Tsukamoto Fuzzy Logic ( Case Study : Studio Foto Kencana ),†no. 1, pp. 215–222, 2020.

T. Puryanto and . S., “Sistem Perencanaan Penambahan Stok Barang menggunakan Metode Fuzzy C-Means dan Fuzzy Tsukamoto (Studi Kasus di Distributor Alfamart Semarang),†J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 43–52, 2016, doi: 10.25077/teknosi.v2i2.2016.43-52.

T. Awaliyah, P. B. Jadi, and P. Pertanggungjawaban, “Mendukung Pusat Pertanggungjawaban Pendapatan,†vol. 8, no. 1, 2019.

Downloads

Published

2021-02-28

URN