SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN WARGA DI LAU REMPAK YANG LAYAK MENDAPATKAN PROGRAM KARTU INDONESIA PINTAR MENGGUNAKAN METODE WASPAS

Authors

  • Sintia Simanungkalit STMIK Triguna Dharma
  • Dicky Nofriansyah STMIK Triguna Dhrama
  • Deski Pane STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.3196

Abstract

Desa Lau Rempak merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Sinembah Tanjung Muda Hilir, Kabupaten Deli Serdang, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Desa tersebut adalah sebuah desa yang antusias dalam melaksanakan program pemerintah yaitu program Kartu Indonesia Pintar. Namun pada pelaksanaannya, pemerintah desa lau rempak terkadang mengalami kesulitan untuk membantu masyarakat yang berhak menerima Program Indonesia Pintar, menentukan siapa yang diprioritaskan dan proses peninjauan yang memakan waktu. Oleh sebab itu pihak pemerintah desa lau rempak membutuhkan suatu sistem yang dapat dijadikan sebuah solusi dalam permasalahan yang dialami terkait penentuan Program Indonesia Pintar. Maka dari itu solusi yang diambil pada permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan Sistem Pendukung Keputusan dengan  menggunakan metode WASPAS. Dimana diketahui metode WASPAS merupakan metode dengan karakteristik multiobjektif sistem mengoptimalkan dua atau lebih attribut yang saling bertentangan secara bersamaan.Hasil penelitian adalah terciptanya sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang mengadopsi Metode WASPAS dalam menentukan layak atau tidaknya seorang anak menerima program Kartu Indonesia Pintar sehingga hasilnya tepat sasaran.

Author Biographies

Sintia Simanungkalit, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Dicky Nofriansyah, STMIK Triguna Dhrama

Sistem Informasi

Deski Pane, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

N. E. Rohaeni, “Implementasi Kebijakan Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) dalam Upaya Pemerataan Pendidikan,†Indonesian Journal of Education Management and Administration Review, vol. 2, nº 1, 2018.

R. S. Astuti, “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KARTU INDONESIA PINTAR DALAM UPAYA PEMERATAAN PENDIDIKAN TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SMP N 1 SEMIN,†Jurnal Kebijakan Pendidikan, vol. 6, nº 2, 2017.

E. Ningsih, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN MENENTUKAN PELUANG USAHA MAKANAN YANG TEPAT MENGGUNAKAN WEIGHTED PRODUCT (WP) BERBASIS WEB,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, 2017.

M. Handayani e N. Marpaung, “Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal, hlm. 253-258 ISSN 2622-6510 (online) Kisaran, Asahan,†2018.

V. Amalia, D. Syamsuar, L. Atika, P. Pascasarjana e U. B. Darma, “KOMPARASI METODE WP SAW DAN WASPAS DALAM PENENTUAN PENERIMA BEASISWA PMDK,†vol. 1, nº 2, pp. 82-97, 2019.

S. Y. Hutagalung, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) Dalam Keputusan Penerimaan Beasiswa,†Seminar Nasional Sains & Teknologi Informasi (SENSASI) , vol. 1, nº 1, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2019-10-26

URN