IMPLEMENTASI METODE WEIGHTED AGGREGATED SUM PRODUCT ASSESMENT (WASPAS) DALAM MENENTUKAN PENUGASAN PERAWAT DI RUANGAN ISOLASI PASIEN COVID-19 PADA RS.GL TOBING PTPN II TANJUNG MORAWA

Authors

  • Rike Marifatul Zukia STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Marsono Marsono STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Milfa Yetri Yetri STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i4.3157

Abstract

Perawat merupakan sumber daya manusia terbanyak dalam organisasi rumah sakit, Perawat memegang peranan penting dalam pemberian layanan di rumah sakit, karena perawat terlibat langsung dengan pasien dan keluarganya selama 24 jam penuh. Permasalahan dalam pemilihan perawat yang ditempatkan diruangan isolasi menjadikan penelitian utama dalam menentukan perawat secara objektif dan transparan. Seorang perawat harus mempunyai sikap nasional, etis dan professional memiliki semangat mengabdi yang tinggi, berdisplin, kreatif , berilmu, terampil, berbudi luhur serta dapat memegang etika professi.                   Berdasarkan permasalahan tersebut maka dilakukan lah pengumpulan  data yaitu dengan ilmu sistem pendukung keputusan dan metode WASPAS agar pemilihan penugasan perawat dapat mengetahui perawat yang akan ditempatkan diruangan isolasi.                    Hasil dari pengumpulan data tersebut maka penugasan perawat dapat mengetahui perawat yang akan ditempatkan diruangan isolasi pasien covid-19 dan dapat mengetahui berapa jumlah perawat yang tidak terpilih untuk ditempatkan diruangan isolasi pasien covid-19.Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Penugasan Perawat, Isolasi Pasien, Covid-19

Author Biographies

Marsono Marsono, STMIK TRIGUNA DHARMA

SISTEM INFORMASI

Milfa Yetri Yetri, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

References

S. P. Asi, “Pengaruh Iklim Organisasi dan Burnout terhadap Kinerja Perawat RSUD dr. Doris Sylvanus Palangka Raya,†J. Apl. Manaj., vol. 11, no. 3, pp. 515–523, 2013, [Online]. Available: https://jurnaljam.ub.ac.id/index.php/jam/article/view/585/605.

R. Manurung, R. Sitanggang, and F. Tinus Waruwu, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 79–84, 2018, [Online]. Available: http://ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/jurikom%7CPage%7C79.

Maiti and Bidinger, “済無No Title No Title,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 1981. [4] Yudi Agusta, “K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait,†J. Sist. dan Inform., vol. 3, no. Februari, pp. 47–60, 2007.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, “No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’中心ã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle,†no. June, 2016.

A. M. Asykur, D. Zulkarnain, and D. Darlinus, “Dampak COVID-19 terhadap Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah ( PPIU ) di Kota Bengkulu,†vol. 2, no. 1, pp. 43–64, 2021.

Downloads

Published

2019-04-30

Issue

Section

Articles

URN