Perancangan Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Masalah Penyakit Demensia Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Bima Osindah Ompusunggu STMIK Triguna Dharma Medan
  • Ishak Ishak STMIK Triguna Dharma Medan
  • Khairi I Ibnutama STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i2.3140

Abstract

ABSTRAKSistem merupakan suatu bentuk integrasi antara satu komponen dengan komponen lain karena sistem memiliki sasaran yang berbeda untuk setiap kasus yang terjadi di dalam sistem tersebut. Pakar adalah seseorang yang mempunyai pengetahuan, pengalaman, dan metode khusus, serta mampu menerapkanya untuk memecahkan masalah atau memberi nasihat.Bagaimana cara menentukan jenis penyakit Demensia dengan menggunakan metode yang ada pada sistem pakar, diantaranya dengan menggunakan Metode Certainty factor (CF). Metode ini dipilih ketika dalam menghadapi suatu masalah, sering ditemukan jawaban yang tidak memiliki kepastian penuh. Untuk mengakomodasi hal ini maka digunakan Certainty Factor (CF) guna menggambarkan tingkat keyakinan pakar terhadap masalah penyakit yang sedang dihadapi. Ketidakpastian ini bisa berupa probabilitas yang tergantung dari hasil suatu kejadian. Untuk menjalankan sistem pakar menggunakan program Visual basic.net 2010 dan laporan menggunakan SAP Crystal Report.Perancangan sistem pakar sangat penting dilakukan untuk mendiagnosis penyakit Demensia yang kerap terjadi dilingkungan masyarakat dengan melihat ciri-ciri atau gejala yang dirasakan dengan menggunakan Metode Certainty factor (CF) berguna untuk memudahkan dalam mendiagnosa apakah benar mengidap penyakit Demensia berdasarkan gejala, dan sekaligus mengetahui jenis penyakit Demensia yang diderita.Kata kunci : Sistem Pakar, Demensia, Certainty Factor (CF)

Author Biographies

Bima Osindah Ompusunggu, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Ishak Ishak, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Komputer

Khairi I Ibnutama, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

A. Boekittinggi, J. Birugo, B. No, A. Tangah, J. Bukittinggi, and S. Barat, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Demensia Menggunakan Metode Forward Chaining Studi Kasus (Di Rumah Sakit Umum Daerah Padang Panjang),†J. Edik Inform. , vol. 2, no. ISSN : 2407-0491, pp. 95–102, 2017, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.22202/jei.2017.v3i2.1391.

H. Nurwarsito, “Sistem Informasi Jadwal Perkuliahan dengan Metode Sistem Pakar,†Eeccis, vol. III, no. 1, pp. 57–61, 2009, [Online]. Available: http://jurnaleeccis.ub.ac.id/index.php/eeccis/article/view/131/127.

N. A. Hasibuan, H. Sunandar, S. Alas, and S. Suginam, “Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kaki Gajah Menggunakan Metode Certainty Factor,†Jurasik (Jurnal Ris. Sist. Inf. dan Tek. Inform., vol. 2, no. 1, p. 29, 2017, doi: 10.30645/jurasik.v2i1.16.

D. Nofriansyah, P. S. Ramadhan, and B. Andika, “Perancangan Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Jenis Racun dan Spesies Ular pada Pasien yang Terkena Racun Bisa Ular Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. SAINTIKOM, vol. 14, no. 2, pp. 93–104, 2015.

H. Sulistiani and K. Muludi, “Penerapan Metode Certainty Factor Dalam Mendeteksi Penyakit Tanaman Karet,†J. Pendidik. Teknol. dan Kejuru., vol. 15, no. 1, pp. 51–59, 2018, doi: 10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13021.

Downloads

Published

2020-02-27

URN