Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Kinerja Teacher Pada Paud Gema Eltiar dengan Metode WASPAS (Weight Aggregated Sum Product Assesment)

Authors

  • Lulu Artika STMIK Triguna Dharma
  • Widiarti Rista Maya STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i7.3065

Abstract

PAUD merupakan lembaga pendidikan yang bertujuan untuk mengenalkan pembelajaran aktif melalui kegiatan langsung hand-on secara kelompok kecil, individu, ataupun kelompok besar. Oleh karna itu guru PAUD dituntut untuk menjadi professional yang berperan penting mendidik anak usia dini untuk mencari tahap perkembangannya dari beberapa guru yang ada di PAUD Gema Eltiar pasti semua punya tingkat kinerja yang berbeda, sebelumnya di PAUD Gema Eltiar masih melakukan penentuan kinerja teacher dengan cara manual hal itu dianggap kurang efesien, karna bias terjadi kesalahan dalam menentukan kinerja guru terbaik. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan Menentukan kinerja teacher pada PAUD Gema Eltiar dengan Metode WASPAS (Weighted Aggregated Sum Product Assesment). Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu pihak PAUD Gema Eltiar dalam mengambil keputusan untuk menentukan tingkat kinerja guru terbaik yang nantinya akan mendapat reward.  

Author Biographies

Lulu Artika, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK Triguna Dharma

Teknik Informatika

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

I. Dewi and D. Suryana, “Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi,†J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 1051, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.465.

Y. _ Kurnia, “Penilaian Kinerja Guru Menggunakan Metode Topsis,†JSAI (Journal Sci. Appl. Informatics), vol. 1, no. 3, pp. 70–75, 2018, doi: 10.36085/jsai.v1i3.63.

E. Ningsih, Dedih, and Supriyadi, “Usaha Makanan Yang Tepat Menggunakan Weighted Product (WP) Berbasis Web,†Ilk. J. Ilm., vol. 9, no. 3, pp. 244–254, 2017.

Saefudin and S. Wahyuningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang,†J. Sist. Inf., vol. 1, no. 1, p. 33, 2014.

E. D. Marbun, E. R. Simanjuntak, D. Siregar, and J. Afriany, “Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Menentukan Tepung Terbaik Untuk Memproduksi Bihun,†J. Ris. Komput., vol. 5, no. 1, pp. 24–28, 2018.

Downloads

Published

2019-07-25

Issue

Section

Articles

URN