Implementasi Teknik Counter pada Alat Pengisian dan Penghitung Mini Polybags Nursery berbasis Mikrokontroller

Authors

  • Utari Riandirah STMIK Triguna Dharma
  • Dedi Setiawan STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani Elfitriani STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i5.3019

Abstract

Polybags adalah suatu media tanam yang dipergunakan oleh petani sebagai media pembibitan atau persemaian untuk tanaman. Polybags daun merupakan jenis wadah yang terbuat dari daun pisang yang bersifat organik sehingga bisa di tanam secara langsung tidak perlu membuang nya pada saat penanaman di lahan pertanian dan pada saat proses pengisian petani melakuka secara manual dan membutuhkan tenaga yang banyak dalam pengisian dan juga petani masih melakukan perhitungan dengan secara manual sehingga membuat petani lupa dengan banyak nya polybags yang telah terisi. Hal ini dikarenakan tidak adanya informasi jumlah polybags yang telah terisi.Dalam mengatasi masalah tersebut maka dibutuhkanlah sebuah teknologi yang menggunakan arduino uno untuk sistem kendali, sensor photodioda sebagai pendeteksi dan penghitung mini polybags yang telah terisi.Pengisian dan penghitung mini polybags ini memiliki sebuah sistem yang mampu memberikan informasi kepada petani, sensor photodioda ada dua yang pertama adalah sebagai pendeteksi polybags yang akan di isi lalu photodioda yang kedua sebagai penghitung polybags yang telah terisi, motor servo digunakan sebagai pembuka dan penutup corong pada pengisian polybags dan motor DC digunakan sebagai penggerak conveyor dan akhirnya ditampilkan pada LCD sebagai output.

Author Biographies

Utari Riandirah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Dedi Setiawan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Elfitriani Elfitriani, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

“GURU BERBAGI | Penyiapan Media Tanam.†https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/penyiapan-media-tanam-1/ (accessed Jan. 29, 2021).

J. Diponegoro, S. Telp, N. E. Pratiwi, B. H. Simanjuntak, and D. Banjarnahor, “PENGARUH CAMPURAN MEDIA TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN TAMAN VERTIKAL EFFECTS OF GROWING MEDIUM MIXTURES OF STRAWBERRY ’ S ( Fragaria vesca L . ) GROWTH AS ORNAMENTAL PLANTS IN VERTICAL GARDEN PENDAHULUAN Faktor penyebab utama penduduk kota di Indonesia sulit,†pp. 11–20, 2017.

F. Bui, M. A. Lelang, and R. I. C. O. Taolin, “Pengaruh Komposisi Media Tanam dan Ukuran Polybag Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tomat (Licopercicum escelentum Mill),†Savana Cendana, vol. 1, no. 01, pp. 1–7, 2016, doi: 10.32938/sc.v1i01.1.

D. Setyorini, “Jurnal Ekonomi & Pendidikan , Volume 4 Nomor 2, November 2007,†J. Ekon. Pendidik., vol. 4, no. November, pp. 47–62, 2007.

FAO, “Budidaya Cabai yang baik dan benar,†Food Agric. Organ. United Nation, p. 16, 2013.

Downloads

Published

2020-05-30

Issue

Section

Articles

URN