Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Calon Karyawan untuk Menempati Posisi Top Desain Grafis di Perusahaan XL-Axiata Medan Menggunakan Metode Oreste

Authors

  • Khairunnisa Khairunnisa STMIK Triguna Dharma
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma
  • Milfa Yetri STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2967

Abstract

PT. XL-Axiata atau di singkat dengan XL merupakan sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler swasta pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1996. Salah satu cabang perusahaan XL yang terbesar di Indonesia adalah Medan. Untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan juga menarik minat masyarakat untuk menggunakan provider XL, maka di butuhkanlah tampilan produk yang menarik, dan juga iklan yang menarik, baik di sosial media, atau bahilo dan poster di jalanan, yang mengelola bidang tersebut adalah seorang desain grafis.Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu menyelesaikan masalah dalam merekrut desain grafis yang handal untuk bisa di jadikan top desain grafis, dengan cara yang cepat dan tepat yaitu menggunakan metode Oreste, dalam metode terebut dapat menghitung nilai-nilai dari banyaknya kriteria yang digunakan, sehingga mendapatkan hasil yang dapat membantu dalam menentukan top desian grafis yang baru. Dari penelitian ini akan menghasilkan aplikasi sistem pendukung keputusan  yang dapat membantu XL- Axiata Medan dalam merekrut desain grafis yang handal untuk bisa di jadikan top desain grafis dengan kriteria yang diperlukan, lebih akurat dibandingkan dengan cara manual, dan menjadi bahan bagi pimpinan dalam mendata calon komandan. 

Author Biographies

Khairunnisa Khairunnisa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Milfa Yetri, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

Rahmayani, “Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia,†Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media#:~:text=Lembaga riset digital marketing Emarketer,Cina%2C India%2C dan Amerika.

X. Axiata, “Tentang XL Axiata,†XL Axiata. https://www.xlaxiata.co.id/id/tentang-xl-axiata.

N. S. Wijayanti, S. Sutirman, P. Purwanto, M. Hanafi, and W. Rusdiyanto, “Analisis Kebutuhan Keterampilan Desain Grafis Perkantoran Bagi Mahasiswa D3 Sekretari UNY,†Efisiensi - Kaji. Ilmu Adm., vol. 15, no. 2, pp. 1–8, 2019, doi: 10.21831/efisiensi.v15i2.24488.

N. Astiani, D. Andreswari, and Y. Setiawan, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode Roc (Rank Order Centroid) Dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web,†J. Inform., vol. 12, no. 2, 2016, doi: 10.21460/inf.2016.122.486.

M. Lubis, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kader Kesehatan Puskesmas Mandala Kecamatan Medan Tembung dengan Menggunakan Metode Oreste,†vol. 1, no. 4, pp. 246–253, 2020

Downloads

Additional Files

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN