Sistem Pendukung Keputusan Reqruitment Kredit Perumahan Rakyat Bersubsidi Dengan Menggunakan Metode SMART Pada PT. Segar Asri Pratama

Penulis

  • Arief Ridho Harahap STMIK Triguna Dharma
  • Muhammad Iswan Perangin-angin STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i1.2940

Abstrak

Sistem Pendukung Keputusan adalah suatu sistem yang digunakan untuk membantu pengambilan keputusan dalam situasi yang semiterstruktur dan situasi yang tidak terstruktur. Masalah dalam menentukan konsumen yang layak menerima rumah subsidi, dimana perusahaan PT.Segar Asri Pratama masih menggunakan cara perhitungan dalam menentukan konsumen masih secara manual. Sehingga dibutuhkan sistem dalam mempercepat perhitungan dalam setiap kriteria yang telah ditentukan.Dalam mendukung perhitungan dari setiap kriteri maka dibutuhkan suatu metode. Pada saat ini digunakan metode Simple Multi Attribut Rating Tecnique dari perhitungan kriteria tersebut. SMART adalah suatu metode untuk pengambilan keputusan multi kriteria.Hasil penelitian ini adalah yang pertama berdasarkan hasil penerapan metode maka metode tersebut dapat dipergunakan dalam menyelesaikan masalah pada sistem pendukung keputusan reqruitment kredit pada perumahan rakyat bersubsidi, kedua berdasarkan hasil perancangan maka sistem pendukung keputusan reqruitment kredi perumahan rakyat bersubsidi dapat menjadi solusi yang konkrit bagi pihak pemasaran PT.Segar Asri Pratama, ketiga telah dilakukannya implementasi maka didapat hasil yang sangat sesuai dengan keputusan yang dilakukan secara manual dan layak dipergunakan oleh pihak pemasaran PT.Segar Asri Pratama dalam memecahkan masalah yang ada.

Biografi Penulis

Arief Ridho Harahap, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Muhammad Iswan Perangin-angin, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Referensi

A. Saleh, “Penerapan Metode Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank dalam Sistem Pendukung Keputusan Rekrutmen Asisten Laboratorium Komputer,†Masy. Telemat. dan Inf., vol. 8, pp. 1–10, 2018.

N. Sesnika, D. Andreswari, and R. Efendi, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Gedung Serba Guna Di Kota Bengkulu Dengan Menggunakan Metode Smart Berbasis Android,†J. Rekursif, vol. 4, no. 1, pp. 30–44, 2016.

M. Muslihudin and T. F. Abdillah, “Jurnal TAM.,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 2, no. 0, pp. 26–32, 2017.

T. Magrisa, K. D. K. Wardhani, and M. R. A. Saf, “Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA,†Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 13, no. 1, p. 49, 2018.

L.Bruno, “Bab Ii Landasan Teori,†J.Chem. Inf. Model..vol. 53, no. 9, pp.

-1699, 2019

Https://www.Wikipedia.org, “kredit_Keuangan.â€

Https://id.wikipedia.org/wiki/, “Kredit_pemilikan_rumah#KPR_Subsidi.†.

Diterbitkan

2021-09-16

Terbitan

Bagian

Articles

URN