Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Rumah Sakit Terbaik Dalam Pelayanan Pasien COVID-19 Menggunakan Metode ARAS

Authors

  • Kumala Tungga Dewi STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Sri Murniyanti STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2918

Abstract

Meningkatnya Wabah Virus Corona  membuat khawatir masyarakat Indonesia terhadap Corona Virus Disease 2019 sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk Lockdown. Dengan meningkatnya masyarakat yang terkena wabah virus corona membuat banyak Rumah Sakit yang Menangani pasien yang  terjangkit wabah virus corona, hampir seluruh Rumah Sakit di Kota Medan ini menangani wabah virus corona. Oleh sebab itu diperlukanya Sistem Pendukung Keputusan sebagai sebuah sistem yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan untuk semi terstruktur maupun tidak semi terstruktur, dalam memecahkan masalah dengan cara memberikan informasi ataupun usulan menuju pada keputuan tertentu. Dengan menggunakan  metode Additive Ratio Assessment permasalahan dalam menentukan rumah sakit terbaik dalam meningkatkan pelayanan terhadap pasien covid-19 akan lebih mudah karena metode Additive Ratio Assessment ini banyak melakukan perangkingan dengan acara membandingkan sehingga mendapat hasil yang  ideal dan terbaik. Dengan bantuan Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Rumah Sakit Terbaik Dalam Pelayanan Pasien Covid-19 Berdasarkan Peringkat Dan Perangkingan. Kata Kunci : Covid-19, Rumah Sakit, Sistem Pendukung Keputusan, Metode Additive Ratio Assessment (ARAS)

Author Biographies

Kumala Tungga Dewi, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Ahmad Fitri Boy, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Sri Murniyanti, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

R. F. N. mMoch Halim Sukur, Bayu Kurniadi, Haris, “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan,†J. Inicio Legis Vol. 1 Nomor 1 Oktober 2020, vol. 1, pp. 1–17, 2020.

S. Supartingsing, “Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan,†J. Medicoeticolegal dan Manaj. Rumah Sakit 10.18196/jmmr.2016, vol. 6, no. 1, pp. 9–15, 2017, doi: 10.18196/jmmr.6122.

Buku Ajar Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Hasil Belajar | 1 STMIK Pelita Nusantara Medan. .

H. Susanto, “Penerapan Metode Additive Ratio Assessment(Aras) Dalam Pendukung Keputusan Pemilihan Susu Gym Terbaik Untuk Menambah Masa Otot,†Maj. Ilm. INTI, vol. 13, pp. 1–5, 2018.

D. T. Azmi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Polisi Militer Terbaik Menggunakan Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ) ( Studi Kasus : Detasement Polisi Militer ( Denpom ) I / 5 Medan,†vol. 7, no. 2, pp. 159–164, 2020.

Downloads

Published

2019-08-26

URN