SYSTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN SUPPLIER BARANG BAHAN KEBAYA MENGGUNAKAN METODE MOORA (MULTI-OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RATIO ANALYSIS)

Authors

  • Dini Mutia STMIK Triguna Dharma
  • Puji Sari Ramadhan STMIK Triguna Dharma
  • Erika Fahmi Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i8.2875

Abstract

Toko Kebaya Milenial adalah sebuah toko  yang menyediakan berbagai macam kebaya Indonesia, dari kebaya modern, kebaya tradisional, bahan-bahan  kebaya dan menerima tempahan jahitan berskala kecil menengah. Beragamnya permintaan akan bahan-bahan kebaya dari konsumen menyebabkan Toko Kebaya Milenial harus selalu menyediakan dan memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumennya. Dalam usaha menenangkan persaingan dimata para konsumen Toko Kebaya Milenial menggunakan berbagai cara diantaranya meningkatkan kepuasan pelanggan melalui produk berkualitas, ketepatan waktu pengiriman dan efisiensi biaya. Pemilihan supplier merupakan salah satu hal yang penting dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan, karena pemilihan supplier ini sangat berpengaruh pada harga jual, kualitas dan ketersediaan suatu produk. Oleh karena itu, setiap perusahaan perlu menilai supplier secara cermat dan tepat. Penentuan supplier merupakan kegiatan strategis, terutama apabila supplier tersebut akan memasok item yang penting dan akan digunakan dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan bahan baku yang efektif dan efisien Berdasarkan permasalahan, maka akan dibangun sebuah sistem pendukung keputusan untuk membantu dalam memilih supplier barang bahan kebaya dengan menggunakan metode MOORA. Hasil dari penelitian ini dengan sistem pendukung keputusan yang diterapkan dalam memilih supplier barang bahan kebaya dapat lebih efektif, efisien dan optimal dalam penentuan supplier.

Author Biographies

Dini Mutia, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Puji Sari Ramadhan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Erika Fahmi Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

ARIF SUSANTO, "PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA," Faktor Exacta, vol. 7, no. 1, pp. 84-97, 2014.

Priranda Widara Ananta (06018099), 2 and Sri Winiarti (0516127501), "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI UNTUK KENAIKAN JABATAN PEGAWAI MENGGUNAKAN METODE GAP KOMPETENSI (STUDI KASUS PERUSAHAAN PERKASA JAYA COMPURETAIL," Jurnal Sarjana Teknik Informatika, vol. 1, no. e-ISSN: 2338-5197 , 2013.

S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, 2014.

A. H. Hasugian and H. Cipta, "Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP)," ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, vol. 2, no. 1, pp. 14-30, 2018.

B. H. H. Liza Yulianti, Herlina Latipa Sari, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PESERTA KB TELADAN DI BKKBN BENGKULU MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0," Jurnal Mediainfotama, vol. 8, no. 2, pp. 36-54, 2012.

M. Handayani and N. Marpaung, "Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018 ISSN 2622-9986 (cetak) STMIK Royal-AMIK Royal, hlm. 253-258 ISSN 2622-6510 (online) Kisaran, Asahan," Seminar Nasional Royal (SENAR) 2018, vol. 2, no. 1, p. 253 – 258, 2018.

Dicky Nofriansyah & Sarjon Defit, 2017, Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2019-08-26

URN