Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Delegasi Pencak Silat Tingkat Pelajar Pada Pekan Olahraga Deli Serdang Menggunakan Metode Weighted Aggregatet Sum Product Assesment (WASPAS)

Authors

  • Megi Andini STMIK Triguna Dharma Medan
  • Marsono Marsono STMIK Triguna Dharma Medan
  • Masyuni Hutasuhut STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2816

Abstract

Sekolah merupakan lembaga yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar bagi para pendidik. Sekolah juga dapat mengembangkan bakat kemampuan siswa terutama di bagian fisik, salah satunya yaitu Pencak Silat. Pencak Silat berguna untuk menunjang nilai-nilai kebaikan siswa di sekolah serta menarik minat pelajar untuk mengikuti event-event mulai dari pekan olahraga pelajar (POPDA). Kemudian sekolah akan menentukan delegasi untuk mengikuti pencak silat tingkat pelajar pada pekan olahraga Deli Serdang, Pada pemilihan ini dilakukan secara manual sehingga keputusan yang diambil terkadang tidak konsisten dan efisien. Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas yaitu dengan membangun suatu Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Delegasi Pencak Silat Tingkat Pelajar Pada Pekan Olahraga Deli Serdang Menggunakan Metode Weighted Aggregatet Sum Product Assesment (WASPAS). Hasil dari sistem pendukung keputusan ini menunjukkan bahwa dengan penerapan sistem pendukung keputusan dapat membantu sekolah  mengambil keputusan dalam penentuan delegasi Pencak Silat Tingkat Pelajar Pada Pekan Olahraga Deli Serdang secara objektif, cepat dan sehingga siswa yang terpilih mendapatkan kemenagan dalam perlombaan pencak silat.

Author Biographies

Megi Andini, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Marsono Marsono, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

Masyuni Hutasuhut, STMIK Triguna Dharma Medan

Sistem Informasi

References

M. Mardotillah and D. M. Zein, “Silat Sebagai Identitas,†vol. 18, no. 2, pp. 121–133, 2017.

D. P. Permata Sari and H. Hamdani, “Perbandingan Tingkat Keterampilan Dasar Pencak Silat Pada Siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat PSHT Di SMPN 13 Surabaya Dan SMPN 55 Surabaya,†pp. 157–162, 2017.

T. Limbong, M. Muttaqin, A. Iskandar, A. Windarto, Perdana, J. Simarmata, and M. Mesran, Sistem Pendukung Keputusan : Metode & Implementasi. Yayasan Kita Menulis, 2020.

M. Mesran, S. D. A. Pardede, A. Harahap, and A. P. U. Siahaan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Menerapkan Metode MOORA,†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 16–22, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.595.

L. Cahyani, M. Arif, and F. Ningsih, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode MOORA (Studi Kasus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura),†J. Ilm. Edutic, vol. 5, no. 2, pp. 108–114, 2019, [Online]. Available: https://journal.trunojoyo.ac.id/edutic/article/view/5354.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, pp. 10–15, 2018, doi: 10.30865/mib.v2i2.594.

Downloads

Published

2020-01-27

URN