Sistem Pendukung Keputusan dalam Rekrutmen Mualim di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Aflah Menggunakan Metode Preference Selection Index (PSI)

Authors

  • Haekal Andaw STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Widiarti Rista Maya STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Elfitriani Elfitriani STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i6.2809

Abstract

Pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Aflah proses rekrutmen mualim masih dilakukan manual sehingga pada saat pemilihan terkesan tidak selektif dan tidak memerhatikan aspek-aspek yang dimiliki, maka dari itu, pemilihan mualim sering mengalami kurangnya efisien dan efektifannya. Untuk membantu agar proses pemilihan mualim yang lebih baik kedepan, maka dibutuhkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang merupakan sistem berbasis komputer sehingga dapat membantu mendukung sebuah keputusan yang dihasilkan dengan dukungan metode Preference Selection Index (PSI) dengan nilai rangking tertinggi untuk rekomendasi keputusan, maka prioritas mualim yang paling tinggi akan didapat. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, Sistem Pendukung Keputusan berhasil dibangun guna membantu masalah untuk menyeleksi rekrutmen mualim pada Madrasah Ibtidaiyah Swasta Nurul Aflah secara efektif.

Author Biographies

Haekal Andaw, STMIK TRIGUNA DHARMA

Sistem Informasi

Widiarti Rista Maya, STMIK TRIGUNA DHARMA

Teknik Komputer

Elfitriani Elfitriani, STMIK TRIGUNA DHARMA

Manajemen Infotmatika

References

Siti Rahayu, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN REKRUTMEN GURU TOPSIS Siti Rahayu Program Studi Teknik Informatika STMIK El Rahma Yogyakarta Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan sebagai berikut . a . Metode Observasi Observasi dilakukan langsung di sekolah.â€

A. Muhson, “Meningkatkan Profesionalisme Guru: Sebuah Harapan,†J. Ekon. dan Pendidik., vol. 1, no. 2, 2012, doi: 10.21831/jep.v1i2.665.

F. Syahputra, M. Mesran, I. Lubis, and A. P. Windarto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Guru Berprestasi Kota Medan Menerapkan Metode Preferences Selection Index (Studi Kasus : Dinas Pendidikan Kota Medan),†KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 147–155, 2018, doi: 10.30865/komik.v2i1.92.

N. MARDIAH, “Rekrutmen, seleksi dan penempatan dalam perspektif islam,†Maqdis J. Kaji. Ekon. Islam, vol. 1, no. 2, pp. 223–235, 2016, [Online]. Available: http://journal.febi.uinib.ac.id/index.php/maqdis/article/view/47.

M. ko. Kusrini, Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi, 2007.

Downloads

Published

2020-06-29

Issue

Section

Articles

URN