Implementasi Metode Complex Proportional Assessment (COPRAS) Dalam Perekrutan Tutor Computerized Accounting Pada Wi Learning Center Medan

Authors

  • Lilis Lilis STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i1.2765

Abstract

Tutor memiliki peranan penting dalam peningkatan sebuah keterampilan. Seorang tutor dituntut untuk mempunyai kemampuan dan kompetensi dalam mengelola proses pembelajaran. Untuk memenuhi standar kualifikasi, tutor hanya dapat diperoleh melalui upaya perekrutan yang baik, melalui seleksi dengan syarat yang telah ditentukan. Namun kenyataannya proses perekrutan tidak selalu diputuskan berdasarkan perhitungan yang pasti dan kriteria yang telah ditetapkan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam melakukan perekrutan tutor maka dibutuhkan sebuah sistem pendukung keputusan. Sistem pendukung keputusan adalah sebuah proses pembuatan keputusan melalui presentasi informasi yang dirancang spesifik untuk mendapat  sebuah penyelesaian masalah. Pada sistem pendukung keputusan terdapat  teknik dalam menyelesaikan masalah seperti metode COPRAS (Complex Proportional Assessment). Dimana metode ini menggunakan peringkat bertahap dan mengevaluasi prosedur alternatif dalam hal signifikan dan utilitas. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan pada perekrutan tutor untuk membantu proses yang cepat dan tepat. Sistem yang dibangun menggunakan penalaran yang maju dan memiliki basis pengetahuan dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis dekstop visual basic. Hasil dari penelitian ini, sebuah aplikasi berbasis dekstop yang dapat mengimplementasikan metode COPRAS untuk menghasilkan keputusan yang akurat dan tepatdan diharapkan dapat memudahkan pihak HRD dalam melakukan perekerutan tutor sesuai dengan kebutuhan lembaga Wi Learning Center Medan.

Author Biographies

Lilis Lilis, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Jaka Prayudha, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Zaimah Panjaitan, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

References

A. Daini Udda Siregar and N. Astuti Hasibuan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Marketing Terbaik di PT. Alfa Scorph Menggunakan Metode COPRAS,†J. Sist. Komput. dan Inform. Hal, vol. 2, no. 1, pp. 62–68, 2020, doi: 10.30865/json.v2i1.2455.

T. Yolanda and M. Sihite, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Kelompok Nelayan Terbaik Menerapkan Metode Copras,†vol. 7, no. 2, pp. 106–110, 2020.

G. Ginting, et al. “Penerapan Complex Proportional Assessment ( COPRAS ) Dalam Penentuan Kepolisian Sektor Terbaik,†J. Sains Komput. Informat., vol. 4, no. 2, pp. 616–631, 2020, [Online]. Available:https://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti/article/view/24236.

M. F. Ridhwan, I. L. Sardi, and S. Y. Puspitasari, “Rekomendasi Pemilihan Tempat Usaha Makanan dengan Metode COPRAS di Kecamatan Jambangan,†vol. 6, no. 2, pp. 9491–9503, 2019.

R. Ardianto and G. B. Sulistyo, “Perancangan Sistem Informasi Perekrutan Karyawan Pada PT Yogya Indah Sejahtera Yogyakarta,†vol. 9, no. 5, pp. 1–8, 2020.

F. Harimurti and Rispantyo, “Internal Locus Of Control Sebagai Moderasi Pada Pengaruh Kompetensi Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi,†J. Akunt. dan Sist. Teknol. Inf., vol. 10, no. 1, pp. 50–62, 2017.

Downloads

Published

2020-01-27

URN