Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Ortodontik Pada Klinik Gigi Menggunakan MetodeWeighted Aggregated Sum Product Asssesment (Waspas)

Authors

  • Winda Uliarta STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Gilang Suryanata STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Khairi Ibnutama STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2754

Abstract

Perawatan ortodontik berfungis untuk susunan gigi yang teratur, hubungan oklusal yang baik, sebagai akibatnya bisa dicapai fungsi oklusi yang efisien, dan keindahan penampilan paras yang menyenangkan perawatan yang stabil. Dalam pemilihan ortodontik (Gigi Behel), maka membutuhkan suatu sistem yang dapat mengambil keputusan jenis ortodontik bahan transparan, Ortodontik Bahan Metal dan Ortodontik Bahan Damon Metal. Dari permasalahan tersebut, maka keilmuan yang cocok dengan menggunakan keilm dalam pemilihan ortodontik dengan menggunakan sistem pendukung keputusan.           Sistem Pendukung Keputusan dapat digunakan berbasis komputer memecahkan berbagai persoalan yang tidak terstruktur dalam pengambilan keputusan dalam pemilihan ortodontik. Cara kerja sistem ini mencakup seluruh tahap metode pengambilan masalah dalam pemilihan Ortodontik di klinik Drg.Hubban Nasution M.SC. maka sistem pendukung keputusan dapat diselesaikan dengan Metode WASPAS.          Hasil yang didapatkan dalam penelitian untuk pengambilan keputusan dengan menggunakan metode WASPAS dapat menampilkan hasil pemilihan jenis Ortodontik berdasarkan kriteria yang ada pada pasien Ortodontik secara cepat dan akurat.Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Waspas, Ortondontik

Author Biographies

Winda Uliarta, STMIK TRIGUNA DHARMA

MAHASISWI

Gilang Suryanata, STMIK TRIGUNA DHARMA

DOSEN

Khairi Ibnutama, STMIK TRIGUNA DHARMA

DOSEN

References

T. R. Utari And M. K. Putri, "Orthodontic Treatment Needs In Adolescents Aged 13-15 Years Using Orthodontic Treatment Needs Indicators," Journal Of Indonesian Dental Association, Vol. Ii, No. 2, Pp. 49-55, 2019.

R. M. Simanjorang, H. D. Hutahaean And T. H. Sihotang, "Stem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode Ahp Pada Kantor Kelurahan Mangga," Journal Of Informatic Pelita Nusantara, Vol. Ii No.1, No. 2541-3724, Pp. 22-31, 2017.

R. Manurung, F. R. Sitanggang, F. T. Waruwu And F. , "Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assessment Dalam Penentuan Penerima Beasiswa Bidik Misi," Jurnal Riset Komputer (Jurikom), Vols. V, No1, No. 2407-389x, Pp. 79-84, 2018.

K. A. Chandra And S. Hansun, "Sistem Rekomendasi Pemilihan Laptop Dengan Metode WASPAS," Jurnal Ecotipe, Vols. Vi, No.2, No. 2622-4852, Pp. 76 - 81, 2019.

T. And D. Kurniawan, "Implementation Of The Weighted Aggregated Sum Product Assesment Method In Determining The Best Rice For Serabi Cake Making," Ijid International Journal On Informatics For Development, Vol. Viii, No. 2549-7448, Pp. 41-46, 2019.

W. Ardhana, "Identifikasi Ortondontik Spesialis Dan Umum," Maj Ked Gi, Vol. I, No. 2, Pp. 1-8, 2013.

Downloads

Published

2022-01-11

URN