Decision Support System Dalam Menentukan Pemilihan Account Official (AO) Berprestasi Menggunakan Metode Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationlles (ORESTE)

Authors

  • Bima Gada Perkasa STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma
  • Zaimah Panjaitan Sistem Informasi

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v3i3.2683

Abstract

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) merupakan salah satu perusahaan asuransi yang mengedepankan pelayanan yang baik sehingga pada bagian Account Official (AO) dituntut untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada setiap instansi perusahaan yang sudah bergabung maupun ingin bergabung. Di samping itu seperti biasanya BPJSTK dalam menentukan keputusan AO berprestasi memiliki kelemahan dan kekurangan yaitu setiap penilaian dilakukan dengan cara yang sederhana yang mana dalam penilaian dilakukan secara manual dan membuat keputusan dalam waktu atau tempo yang lama mengakibatkan proses pengambilan keputusan menjadi terhambat dan tidak efisien.Oleh karena itu diperlukan adanya Sistem Pendukung Keputusan menentukan pemilihan Account Official (AO) berprestasi menggunakan metode Organization Rangement Et Synthese De Donnes Relationnelles (ORESTE). Dengan adanya sistem tersebut diharapkan kinerja dan waktu dalam pengambilan putusan Account Official (AO) menjadi efektif dan efisien baik dari segi kecepatan dalam mengambil keputusan.Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem yang dibangun dengan berbasis dekstop dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan pemiliham Account Official (AO) berprestasi dengan cepat dan tepat .

Author Biographies

Bima Gada Perkasa, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Zaimah Panjaitan, Sistem Informasi

Sistem Informasi

References

A. P. U. S. Anis A Trisnani1, Dede U Anwar1, Wulan Ramadhani1, Monica M Manurung2, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje (Vikor),†Jurikom (Jurnal Ris. Komputer), Vol. Vol. 5 No., No.2,Pp.85–90,2018,[Online].Available: Https://Ejurnal.StmikBudidarma.Ac.Id/Index.Php/Jurikom/Article/Downlo ad/608/577.

F. Herlina And P. S. Sasongko, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Bpjs Ketenagakerjaan Berprestasi Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process,†Vol. Xx, No. Xx, Pp. 2–5, 2017

A. Safitra, I. A. Lubis, And N. Siregar, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Games Untuk Remaja Menggunakan Metode Waspas,†Pp. 141– 147, 2018.

A. K. Hidayah And Y. Erwadi, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Dengan Metode Simple Additive Weighting,†Vol. 2, Pp. 92–96, 2019.

A. Octavia, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Mutasi Karyawan Dengan Menggunakan Metode Oreste ( Studi Kasus : Pdam Tirta Deli Kab . Deli Serdang ),†Vol. 6, No. 6, Pp. 570–574, 2019.

Downloads

Published

2020-03-30

Issue

Section

Articles

URN