Penerapan Metode Weighted Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS) pada Decesion Support System dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik pada Aditya Rabbit Thie Medan

Authors

  • Nocky Adirori STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono Tugiono STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i6.2668

Abstract

Toko Aditya Rabit Thie Medan Merupakan tempat pembelian berbagai jenis kelinci, makanan kelinci, perawatan kelinci, dan obat-obat kelinci, dalam Toko Aditya Rabbit Thie Medan masih mempunyai kendala dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik sehingga sehingga Penentuan Bibit Kelinci Terbaik ini hasilnya tidak efisien  Solusi yang dapat dilakukan terhadap permasalahan diatas dengan membangun Sistem Pendukung Keputusan untuk membantu dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik sehingga dalam penentuan ini agar lebih efisien. Metode yang dipilih untuk mendukung pemecahan masalah tersebut adalah Weighted Aggregated Sum Product Assasment (WASPAS) yaitu dengan cara memecah permasalahan kriteria-kriteria yang telah ditentukan kemudian dikalikan dengan bobot preferensi dengan kriteria, sehingga menghasilkan terbaik atau kurang baik dalam penentuan bibit kelinci terbaik.  Hasil dari Sistem Pendukung Keputusan ini menunjukan bahwa dengan penerapan Sistem Pendukung Keputusan dapat membantu Toko Aditya Rabbit Thie Medan dalam Penentuan Bibit Kelinci Terbaik. Dimana, Sistem Pendukung Keputusan ini diharapkan juga dapat memberikan solusi atau penyelesaian terhadap permasalahan yang ada pada toko

Author Biographies

Nocky Adirori, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

Kamil Erwansyah, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Tugiono Tugiono, STMIK Triguna Dharma

Manajemen Informatika

References

S. Abadi and F. Latifah, “Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting,†J. TAM (Technology Accept. Model., vol. 6, no. 37, Juli 2016, pp. 37–43.

F. Pristiwati and A. Tomi, “Sistem Pendukung Keputusan dengan Metode WASPAS, COPRAS, dan EDAS : Menentukan Judul Skripsi,†vol 4, no. 4 , Oktober 2020, p. 56.

S. Barus, V. M. Sitorus, D. Napitupulu, M. Mesran, and S. Supiyandi, “Sistem Pendukung Keputusan Pengangkatan Guru Tetap Menerapkan Metode Weight Aggregated Sum Product Assesment (WASPAS),†J. Media Inform. Budidarma, vol. 2, no. 2, April 2018, pp. 10–15.

Sumardi,“Informasi kimia dan pemodelan kelinci,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, 2019, pp. 1689–1699.

Nia Komalasari, “Sistem Pendukung Keputusan Kelaikan Terbang (SPK2T),†J. Ind. Elektro dan Penerbangan 4, vol. 4, no. 1, Januari 2020, pp. 1–11.

K. Nisa, “Metode Moora Dan Waspas Untuk Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran,†J. Teknol. Inf., vol. 4, no. 1, Juni 2020, pp. 22-27.

Afrisawati and Sahren, “Analisis Perbandingan Menggunakan Metode Moora Dan Waspas Pemilihan Bibit Sapi Potong Terbaik,†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. VI, no. 3, Agustus 2020, pp. 269–276.

Downloads

Published

2019-06-25

Issue

Section

Articles

URN