IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY DALAM MENENTUKAN PERSEDIAAN BARANG DENGAN METODE MAMDANI

Authors

  • Nur Utami Hidayati STMIK Triguna Dharma
  • Darjat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Rico Imanta Ginting STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i2.2665

Abstract

CV Bintang Pratama pendristribusikan barang ke pasar, mini market, swalayan, grosir yang bergerak dibidang makanan pecah belah minuman  dan lain-lain. Dengan permintaan banyak, adapun masalah dalam menentukan persediaan barang untuk mengurangi masalah order pelanggan. Dengan mengatisipasi dalam kekurangan barang.                 Maka dibuat sistem dalam pengambilan keputusan untuk menentukan persediaan barang. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah sistem yang dapat mampu dan teruji dalam menetukan Persediaan barang untuk mengurangi masalah order yang akan dipesan pelanggan, makan menggunakan sistem pendukung keputusan yang dapat menyimpulkan hasil keputusan dengan cepat dan akurat.Dengan pemberian rule maka dapat mempermudah sistem pendukung keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan dengan menerapkan fuzzy mamdani dengan melakukan langkah-langkah metode yaitu pembentukan himpunan fuzzy, fungsi implikasi, komposisi aturan dan hasil akhir deffuzyfikasi maka dapat lah memecahkan suatu kasus dan dengan perancangan menggunakan use case diagram, activity diagram ,  dan class diagram maka dalam pemodelan sistem dapat mempermudah memahami sistem dan dapat menguji sistem dengan menggunakan bahasa pemograman web dan memproses dalam memprediksi jumlah persediaan barang pada CV Bintang Pratama..Kata Kunci: Persediaan Barang, Sistem Pendukung Keputusan, Fuzzy Mamdani 

Author Biographies

Nur Utami Hidayati, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Darjat Saripurna, STMIK Triguna Dharma

Sistem Informasi

Rico Imanta Ginting, STMIK Triguna Dharma

Sistem Komputer

References

:. Nurmalasari and A. A. Pratama, "Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Supplier Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada PT Transcoal Pacific Jakarta," Jurnal Teknik Komputer, no. 2, pp. 48-55, 2018.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

Muchammad Abrori and Amrul hinung p rihamayu, "Aplikasi Logika FUZZY Metode Mamdan I Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi," 2015.

V.N Nasution, G Prakarsa "Optimasi Produksi Barang Menggunakan Logika Fuzzy Metode Mamdani," JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, pp. 129-135, 2020.

Bagus Prasetyo, Wawan Laksito Y.S. and Siswanti, "SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PAKET INTERNET OPERATOR TELEKOMUNIKASI DENGAN METODE AHP (ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS)".

Teuku Mufizar, Teten Nuraen and Arianti Salama, "Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pertukaran Pelajar Di Sma Negeri 2 Tasikmalaya Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp)," Cogito Smart Journa, vol. Vol 33, 2017.

S. Komariyah, R. M. Yunus and S. F. Rodiyansyah, "LOGIKA FUZZY DALAM SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENERIMAAN BEASISWA".

Downloads

Published

2021-02-28

URN