SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN NASABAH PENERIMA PINJAMAN MODAL UMKM PADA PT. PNM MEKAAR CAB. PERDAGANGAN MENGGUNAKAN METODE ADDITIVE RATIO ASSESSMENT

Authors

  • intan shandy STMIK Triguna Dharma
  • drajat Saripurna STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2502

Abstract

Salah satu permasalahan yang dialami di PT. PNM Mekaar Cab. Perdagangan yaitu sulitnya pengambilan Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan Nasabah Penerima Pinjaman Modal UMKM. Pada saat ini PT. PNM Mekaar Cab. Perdagangan dalam menentukan Nasabah Penerima Pinjaman Modal UMKM masih dilakukan secara manual. Untuk itu Pihak Terkait membutuhkan sebuah sistem yang dapat meningkatkan kualitas Nasabah yang terpilih.   Untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ada maka salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menggunakan Sistem Pendukung Keputusan. Adapun metode yang digunakan yaitu metode Additive Ratio Assessment. Metode Additive Ratio Assessment merupakan metode untuk perangkingan dengan beberapa kriteria bernilai maksimal atau minimal, metode ini diterapkan untuk memecahkan masalah dengan hasil yang lebih akurat. Dengan menggunakan Sistem metode Additive Ratio Assessment dapat ditentukan Nasabah Penerima Pinjaman Modal UMKM berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan.              Hasil dari penelitian ini adalah, Untuk merancang program Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan Nasabah Penerima Pinjaman Modal UMKM dengan metode Additive Ratio Assessment yang nantinya dapat membantu pihak PT. PNM Mekaar Cab. Perdagangan.

References

H. Winata, M. Ramadhan, and S. Yakub, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Nasabah yang Layak Menerima Kredit Angsuran Pembiayaan Mekar di Kecamatan Medan Belawan pada PT . Permodalan Nasional Madani dengan Metode Analytical Hierarchy Process,†vol. 18, no. 2, 2019.

R. Lubis and A. Sari, “Implementasi Metode Additive Ratio Assessment ( ARAS ) Dalam Pemilihan Sales Mobil Terbaik,†pp. 372–383, 2019.

M. Samsudin et al., “Sistem Informasi Pengkreditan Nasabah Pada Koperasi Simpan Pinjam Sejahtera Baru Kota Ternate Berbasis Web,†vol. 2, no. 1, pp. 11–23, 2019.

Y. Zai, B. Nadeak, and I. Saputra, “PENERAPAN TECHNIQUE FOR ORDERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION ( TOPSIS ) UNTUK KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT PADA CALON NASABAH ( Studi Kasus : PT . SS Finance ),†vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2017.

A. Sari, N. A. Hasibuan, and I. Saputra, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN TINTER KACA FILM TERBAIK MENGGUNAKAN METODE ARAS ( STUDI KASUS : PT . DEGREE THE AMBASSADOR ),†vol. 3, pp. 307–315, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1606.

D. Nofriansyah, Konsep Data Mining VS Sistem Pendukung Keputusan. 2014.

Damayanti; Mesran, “Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Member Merah Untuk Pedagang Yang Layak Pada Indogrosir Dengan Menggunakan Metode ARAS,†pp. 453–458, 2020.

Downloads

Published

2019-03-25

Issue

Section

Articles

URN