Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Indikator Pelayanan Yang Baik Rumah Sakit Vina Estetica berdasarkan Hasil Survey Angket kepada Pasien Menggunakan Metode Costumer Satisfaction Index(CSI)

Authors

  • Junander Wandira Tarigan
  • Hendryan Winata STMIK Triguna Dharma
  • Devri Suherdi STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i3.2493

Abstract

Rumah Sakit Vina Estetica adalah rumah sakit yang sudah cukup besar dan memiliki ratusan pegawai, perawat dan dokter-dokter ahli. Namun dalam keadaan nyatanya, pihak rumah sakit terkadang mengalami kendala, banyaknya komplain dari pasien akan pelayanan yang diberikan, sehingga itu menyebabkan menurunnya kinerja rumah sakit, oleh sebab itu perlu adanya suatu sistem yang mampu menganalisis tingkat kepuasan pasien sehingga pihak rumah sakit dapat melakukan evaluasi tiap bulannya. Maka dari itu sebuah solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tentang Pola Kepuasan Pasien Rumah Sakit Vina Estetica adalah penerapan Sistem Pendukung Keputusan. Dalam sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dapat mendeteksi permasalahan terdapat beberapa teknik diantaranya adalah Customer Satisfaction Index. Metode ini dianggap sangat mampu untuk memetakan suatu input ke dalam suatu output tanpa mengabaikan faktor – faktor yang ada dan hasil akhirnya merupakan sebuah kepuasan pasien . Customer Satisfaction Index di yakini sangat fleksibel dan memiliki toleransi terhadap data yang ada.Setelah diterapkan Customer Satisfaction Index dirancanglah sebuah aplikasi yang mengimplementasikan teknik Sistem Pendukung Keputusan dengan mengadopsi metode Customer Satisfaction Index yang nantinya dapat membantu Rumah Sakit Vina Estetica dalam menganalisis tingkat kepuasan pasien.

References

V. Yanti Azwar and A. Setya Putra, "ANALISIS FAKTOR KUALITAS PELAYANANTERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN RSUD DR. ACHMAD DARWIS," 2018.

W. Widiasari, H. Handiyani and E. Novieastari, "KEPUASAN PASIEN TERHADAP PENERAPAN KESELAMATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT," Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 22, no. 1, pp. 43-52, 9 5 2019.

H. Tumanggor, M. Haloho, P. Ramadhani and S. Darma Nasution, "Penerapan Metode VIKOR Dalam Penentuan Penerima Dana Bantuan Rumah Tidak Layak Huni," JURIKOM), vol. 5, no. 1, pp. 71-78, 2018.

S. Husna and A. Syukri, "PENERAPAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX (CSI) DAN ANALISIS GAP PADA KUALITAS PELAYANAN TRANS JOGJA," Teknik Industr, vol. 13, no. 2, pp. 103-111, 2014.

S. Wahyuningsih, "Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp) Pada RSUD Serang," Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no. 1, 2014.

F. Matematika, D. Ilmu, P. Alam, E. Subiyantoro, A. N. Ambarwati, A. Statistika and M. Semarang, "Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN YANG DIBERIKAN OLEH RUMAH SAKIT DENGAN METODE SERVQUAL, IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS DAN CUSTOMER SATISFACTION INDEX," Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi.

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-30

URN