Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dalam Tropic Infeksi Dengan Menggunakan Certainty Factor

Authors

  • Abdi Maulana STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Fitri Boy STMIK Triguna Dharma
  • Ahmad Calam STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i12.2474

Abstract

Infeksi tropis oleh parasit biasanya disebabkan oleh infeksi cacing. Infeksi cacing dapat ditularkan lewat makanan, air, udara, feses, hewan peliharaan, dudukan toilet dan pegangan pintu yang terkontaminasi oleh telur cacing. Masyarakat yang terserang penyakit ini tentu saja membutuhkan pakar atau dokter untuk mendiagnosa penyakit mereka. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam mendiagnosa untuk menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep Sistem Pakar.Implementasi Sistem Pakar telah banyak digunakan dan sudah teruji didalam pengambilan keputusan dalam mendiagnosa penyakit ataupun mendiagnosa penyakit. Metode Sistem Pakar dapat mengembangkan dalam upaya mendiagnosa penyakit pasien Tropic Infeksi dengan menggunakan metode Certainty Factor.              Implementasi Metode Certainty Factor menerangkan ketika menghadapi suatu masalah yang jawabannya tidak pasti. Ketidakpastian ini bisa merupakan nilai CF dan Certainty Factor menunjukkan ukuran kepastian terhadap suatu fakta atau aturan. Metode Certainty Factor dapat mendiagnosa penyakit Tropic Infeksi dengan menghitung ketidakpastian data menjadi pasti atau mendiagnosa penyakit

References

Daniel dan Virginia, G., 2010, Implementasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit dengan Gejala Demam Menggunakan Metode Certainty Factor, Jurnal Informatika, Nomor 1, Volume 6, halaman 25-36.

Reski Mai Candra and Bambang Mirwanto, "Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Gangguan Anxietas Dengan Menggunakan Teorema Bayes," Jurnal CoreIT, Vols. Vol. 4, No. 2, 2018.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

Putri Fitria," IMPLEMENTASI CERTAINTY FACTOR PADA DIAGNOSA PENYAKIT INFEKSI TROPIS" 2018.

Diema Herynka, " SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT INFEKSI TROPIS DENGAN MENGGUNAKAN FORWARD DAN BACKWARD CHAININGâ€," 2015.

Reza Setiawan ., IMPLEMENTASI METODE DEMPSTER SHAFER PADA SISTEM PAKAR DIAGNOSA INFEKSI PENYAKIT TROPIS BERBASIS WEB, Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Fungky, Ed., 2018.

W. Yulianti, L. Trisnawati and T. Manullang, "Sistem Pakar Dengan Metode Certainty Factor Dalam Penentuan Gaya Belajar Anak Usia Remaja," Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone, vol. 10, no. 2, pp. 2086-4884, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN