Penerapan Data Mining Untuk Pengelompokan Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Pasien RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kota Langsa Menggunakan Metode K-Means Clustering

Authors

  • nadhila syahrial STMIK Triguna Dharma Medan
  • Marsono tgd STMIK Triguna Dharma Medan
  • Jufri Halim STMIK Triguna Dharma Medan

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v4i4.2473

Abstract

Rumah sakit umum merupakan fasilitas yang mudah ditemui di suatu negara, dengan kapasitas rawat inap sangat besar untuk perawatan intensif ataupun jangka panjang.Rumah sakit ini juga dilengkapi dengan fasilitas bedah, bedah plastik, ruang bersalin, laboratorium, dan sebagainya.Tetapi kelengkapan fasilitas ini bisa saja bervariasi sesuai kemampuan penyelenggaranya.Data Mining dijadikan sebagai alternatif aplikasi sistem yang membantu dalam mengelompokkan data penyakit yang akan dikelola untuk mendapatkan hasil penyakit yang sering terjadi pada pasien di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Langsa. Sistem ini dirancang dengan menggunakan metode K-Means Clustering.Cara pengerjaan metode ini  adalah mengelompokan objek berdasarkan set variable yang telah di tentukan, dan memberikan bobot pada setiap karakteristik yang telah ditentukan. Dari penilaian bobot ini akan diambil untuk pengelompokan data penyakit yang sering terjadi di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Langsa. Dengan metode clustering tersebut diharapkan hasil dari pengelompokan penyakit yang sering terjadi  di rumah sakit umum daerah (RSUD) Kota Langsa akan lebih tepat dan akurat sehingga pihak rumah sakit dapat mengantisipasi penanganan yang tepat terhadap penyakit yang sering terjadi.

References

Ediyanto, M. N. Mara, and N. Satyahadewi, “Pengklasifikasian Karakteristik Dengan Metod K-Means Cluster Analysis,†Bul. Ilm., vol. 02, no. 2, pp. 133–136, 2013.

K. Handoko, “Penerapan Data Mining Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Instansi Perguruan Tinggi Menggunakan Metode K-Means Clustering (Studi Kasus Di Program Studi Tkj Akademi Komunitas Solok Selatan),†J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 02, no. 03, pp. 31–40, 2016.

A. Ali, “KLASTERISASI DATA REKAM MEDIS PASIEN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING DI RUMAH SAKIT ANWAR MEDIKA BALONG BENDO SIDOARJO,†vol. 19, no. 1, 2019.

M. S. Dr. Suyanto, S.T., DATA MINING UNRUK KLASIFIKASI DAN KLASTERISASI DATA. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

J. O. Ong, “IMPLEMENTASI ALGORITMA K-MEANS CLUSTERING UNTUK M ENENTUKAN STRATEGI MARKETING,†no. April, pp. 10–20,

F. Nasari, S. Darma, and S. Informasi, “PENERAPAN K-MEANS CLUSTERING PADA DATA PENERIMAAN MAHASISWA BARU,†pp. 6–8, 2015.

M. Iqbal and S. Informasi, “KLASTERISASI DATA JAMAAH UMROH PADA AULIYA TOUR & TRAVEL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING PENDAHULUAN Perkembangan teknologi saat ini semakin pesat dan tidak terbendung . Semakin mudahnya mendapatkan informasi dan proses transaksi data yang cepat men,†vol. V, no. 2, pp. 97–104, 2019.

M. Terkait, “K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait,†vol. 3, no. Pebruari, pp. 47–60, 2007.

Downloads

Published

2022-08-04

Issue

Section

Articles

URN