Implementasi Metode RSA Untuk Mengamankan Data Pembayaran Uang SPP Di SMK Harapan Bangsa Tanjung Morawa

Authors

  • rudi anto
  • nurcahyo budi nugroho
  • firahmi rizky

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i3.2465

Abstract

Aplikasi pendataan siswa, nilai, maupun pembayaran uang SPP adalah salah satu upaya pengendalian mutu sekolah. Data siswa merupakan hal yang sangat dijaga kerahasiaanya agar terhindar dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karen itu dibutuhakan pegaman data sistem atas pencurian database dengan menggunakan kriptografi. Kriptografi adalah ilmu untuk mengurangi resiko ancaman keamanan dengan melakukan proses enkripsi dan dekripsi pada data dan informasi. Penerapan satu teknik kriptografi memiliki tingkat resiko kebocoran data yang lebih tinggi dari keamanan yang menerapkan lebih dari satu teknik kriptografi. Oleh karena itu, diperlukan penerapan dua teknik kriptografi yang mampu mengamankan pesan email sebelum proses pengiriman. Kriptografi RSA yang populer dengan penggunaan kunci publiknya digunakan untuk mengamankan salah satu komponen dari Blowfish yaitu kunci simetris.  Penelitian ini bertujuan membuat sistem yang dapat mengamankan pesan email dan kunci simetris sebelum dilakukan proses pengiriman dengan mengkombinasikan kriptografi Blowfish dan RSA diharapkan dapat meningkatkan keamanan secara lebih. Tahap uji serangan brute force yang dilakukan sebanyak tiga kali menghasilkan plaintext yang tidak utuh dan tahap uji ukuran data setelah dienkripsi membengkak sebesar 0,09KB dari hal tersebut maka kombinasi teknik kriptografi yang digunakan aman dan efisien. Kata Kunci: Data Siswa, Kriptografi, RSA

References

Luthfi Octafyan Prakoso, Hany Yusmaini, Maria Selvester Thadeus, Sugeng Wiyono i, " PERBEDAAN EFEK EKSTRAK BUAH NAGA MERAH (Hylocereus polyrhizus) DAN EKSTRAK BUAH NAGA PUTIH (Hylocereus undatus) TERHADAP KADAR KOLESTEROL TOTAL TIKUS PUTIH (Rattus norvegicus) " 2017.

M. Puji Sari Ramadhan and M. Usti Fatimah S. Pane, Judul : Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pertama ed., Fung Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia y, Ed., 2018.

N. Budi Riyanto and O. Suria, "Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pencernaan Mengunakan Metode Teorema Bayes 7".

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

D. T. Yuwono, A. Fadlil and S. Sunardi, "Implementasi Metode Dempster Shafer Pada Sistem Pakar Diagnosa Gangguan Kepribadian," JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, vol. 9, no. 1, p. 25, 7 5 2019.

Evi Umayah U. dan Moch. Amrun H., " Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Buah Naga (Hylocereus undatus (Haw.) Britt. & Rose) (Antioxidant Activity Assay of Dragon Fruit Extract (Hylocereus undatus (Haw.) Britt. & Rose), Jurnal ILMU DASAR, Vol. 8, no. 1,2007.

Amanda Angelina Sinaga , Sri Luliana , Andhi Fahrurroji " Losio Antioksidan Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus Britton and Rose) " Orginal Articel, 2015.

Arif Wibowo, Ani Widiastuti, dan Wahyu Agustina " PENYAKIT-PENYAKIT PENTING BUAH NAGA DI TIGA SENTRA PERTANAMAN DI JAWA TENGAH ", Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia 2011.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

ChairunNa s, "SISTEMPAKARDIAGNOSAPENYAKTTIROIDMENGGUNAKANMETOD E DEMPSTERSHAFE R," JURNALTEKNOLOGIDANOPENSOURCE, vol. VOL.2No.1, 2019.

N. Sari Br Sembiring and M. Dayan Sinaga, "Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Treponema Pallidum Application Of Dempster Shafer Method For Diagnosing Diseases Due To Treponema Pallidum Bacteria," 180. CSRID Journal, vol. 9, no. 3, 2017.

Downloads

Published

2019-03-25

Issue

Section

Articles

URN