Analisis Tingkat Kepuasan Peserta Didik Terhadap Kurikulum 2013 Berbasis HOTS (Higher Order of Thinking Skill) dengan Metode Service Quality (Studi Kasus SMP Swasta Budi Murni 2 Medan)

Authors

  • Natalia br Sebayang STMIK Triguna Dharma
  • Jaka Prayudha STMIK Triguna Dharma
  • Fifin Sonata STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2380

Abstract

Higher Order of Thinking Skill (HOTS) adalah kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitif, dan berpikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Higher Order of Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan suatu kemampuan berpikir yang tidak hanya membutuhkan kemampuan mengingat saja, namun membutuhkan kemampuan lain yang lebih tinggi, seperti kemampuan berpikir kreatif dan kritis. Terkadang penerapan kurikulum baru kepada siswa bisa saja menjadi tidak efektif ataupun tidak bisa diterima oleh siswa dengan baik. Maka dari itu untuk membangun siswa yang benar-benar bermutu tinggi, maka pembelajaran juga harus dengan kurikulum yang tepat dan sesuai dengan siswa. Untuk itu pihak SMP Swasta Budi Murni 2 Medan perlu mengetahui apakah penerapan kurikulum berbasis Higher Order of Thinking Skill (HOTS) efektif diterapkan ke siswa atau tidak, oleh sebab itu perlu diketahui kepuasan siswa (peserta didik) terhadap kurikulum berbasis Higher Order of Thinking Skill (HOTS) agar bisa dijadikan evaluasi kedepannyaMaka dari permasalahan tersebut diharapkan terciptanya aplikasi yang berbasis angket dengan metode pembelajaran kurikulum HOTS.Hasil penelitian merupakan terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan  dengan Metode Service Quality.

References

Nurkholis, “PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI,†Jurnal Kependidikan, vol. 1, nº 1, 2013.

O. Kurniaman, E. Noviana e S. Dasar, “Sikap dan Pengetahuan Otang Kurniaman, Eddy Noviana Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,†Universitas Riau |, vol. 6, 2013.

Suyatmini, “Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27, No.1, Juni 2017, ISSN:1412-3835 60 IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,†Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 27, nº 1, 2017.

ARIF SUSANTO, “PENGGUNAAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) UNTUK SELEKSI GURU TETAP YAYASAN ADHI LUHUR PADA SMK MAHADHIKA 2 JAKARTA,†Faktor Exacta, vol. 1, nº ISSN: 1979-276X , pp. 84-97, 2014.

B. H. H. Liza Yulianti1, Herlina Latipa Sari2, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PESERTA KB TELADAN DI BKKBN BENGKULU MENGGUNAKAN PEMROGRAMAN VISUAL BASIC 6.0,†Jurnal Media Infotama, vol. 8, 2012.

A. H. Hasugian e H. Cipta, “Analisa Dan Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pasangan Hidup Menurut Budaya Karo Dengan Menggunakan Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP),†ALGORITMA: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, p. 1, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-01-11

URN