Implementasi IoT (Internet of Things) pada Rancang Bangun Sistem Monitoring Tanaman Hortikultura Berbasis Mikrokontroler

Authors

  • Agustinus Eddy Suranta Pinem STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Saniman Saniman STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Azlan Azlan STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i10.2366

Abstract

anaman Hortikultura adalah ilmu dan seni bercocok tanam yang memerlukan pemeliharaan khusus. Terutama pada kondisi suhu dan kelembaban tanaman, dimana nantinya kondisi suhu dan kelembaban akan di  monitoring secara realtime pada aplikasi sistem.Dalam hal pembudidayaan, tanaman hortikultura membutuhkan perawatan  yang intensif.  Perawatan yang diberikan terhadap jamur terdiri dari penyiraman, dan pemberantasan hama. Selain itu  perlu juga memerhatikan  suhu dan kelembaban yang ada di sekitar tanaman. Namun panca indra manusia tidak dapat mengetahui suhu dan kelembaban secara real, maka dari itu dibuatlah sebuah sistem yang dapat memonitoring suhu dan kelembaban tanaman hortikultura secara akurat dengan menggunkan konsep teknologi yang canggih, misalnya Internet of Things.Sistem ini menggunakan mikrokontroler NodeMCU sebagai sistem monitoring. Pada  sistem ini akan menggunakan Internet of Things dimana nanti sushu dan kelembaban akan dipantau dari jarak jauh dengan menggunakan internet lewat platform aplikasi blynk. Sistem akan memberi notifikasi jika suhu dan kelembaban tanaman yakn > 29̊C dan <60%. Sehingga pemilik kebun dapat memantau dan mengetahui dari jarak jauh, dan pertumbuhan tanaman hortikultura jauh lebih optimal..

References

A. Pranata, S. Pramana, and I. Faisal, “Rancang Bangun Penjemur Emping Melinjo Otomatis Berbasis Mikrokontroler Di Desa Sukamandi Hilir,†vol. 2, no. 2, pp. 41–49, 2019.

I. Zulkarnain, Z. Azmi, A. Pranata, and F. R. Hidayat, “Sistem Kendali Temperature dan Humadity Pada Kotak Penyimpanan Kamera DSLR Menggunakan Metode Fuzzy Berbasis Arduino,†vol. 18, no. 1, pp. 75–81, 2019.

Freeman, “metopel,†J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.

J. Oliver, “Metode Penelitian,†Metod. Penelit., pp. 1–12, 2013.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN