Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan Pemilihan Calon Ketua OSIS Pada Yayasan Perguruan Swasta Etis Landia Medan Dengan Menggunakan MOORA (Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis)

Authors

  • Ayu Gustrini Ndraha STMIK TRIGUNA DHARMA
  • Kamil Erwansyah Erwansyah STMIk TRIGUNA DHARMA
  • Ahmad Calam Calam STMIK TRIGUNA DHARMA

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i5.2296

Abstract

Permasalahan yang dihadapi pihak sekolah dalam pemilihan Ketua OSIS ini adalah dalam hal pemilihan kandidat karena mereka harus mendaftarkan diri sendiri sementara banyak anak-anak yang mempunyai potensi dan prestasi tetapi mereka tidak mau mendaftarkan diri. Pemilihan kandidat untuk calon Ketua OSIS ini juga masih tidak merata karena hanya diberlakukan untuk kelas XI saja dan tidak untuk semua kelas . Dalam pemilihan Ketua OSIS ini juga masih bersifat subjektif karena hanya siswa anak kepala sekolah dan anak guru yang lebih diutamakan pihak sekolah untuk mencalonkan diri sehingga tidak objekif. Masalah selanjutnya dalam Pemilihan Ketua OSIS ini juga masih menggunakan sistem manual seperti halnya dalam memutuskan calon Ketua OSIS itu lama dan masih bersifat subjekif  tidak bersifat objektif, terkadang hasil yang dipilih juga masih kurang akurat dan tepat. Untuk mengatasi masalah dalam pemilihan Ketua OSIS maka bisa menggunakan Sistem Pendukung Keputusan (SPK). Sistem Pendukung. Keputusan adalah suatu sistem yang dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di dalam penentuan peringkat dengan cepat serta dapat mengetahui nilai tertinggi sampai terendah di dalam sebuah pemilihaN. Metode Moora adalah sistem yang mengoptimalkan dua atau lebih atribut yang saling bertentangan secara bersamaan. Metode ini diterapkan untuk mencari solusi dengan model matematika yang kompleks. Dimana kriteria dapat bernilai menguntungkan (benefit) atau yang tidak menguntungkan (cost)

References

A. Kusuma, A. Nasution, R. Safarti, R. K. Hondro, And E. Buulolo, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa / I Teladan Dengan Menggunakan Metode Multi-Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analisis ( Moora ),†Vol. 5, No. 2, Pp. 114–119, 2018.

A. Y. Saputra And Y. Primadasa, “Penerapan Metode Moora Dalam Pemilihan Siswa Terbaik,†Sist. J. Sist. Inf., Vol. 8, No. 2, Pp. 305–312, 2019.

Assrani Dkk., “Penentuan Penerima Bantuan Siswa Miskin Menerapkan Metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Ratio Analysis (Moora),†Jurikom (Jurnal Ris. Komputer), Vol. 5, No. 2407–389x (Media Cetak), Pp. 1–5, 2018.

A. Y. Saputra, Y. Primadasa, P. Sistem informasi, and K. T. Pengajar, “Penerapan Metode Moora Dalam Pemilihan Sekolah Menegah Atas,†vol. 8, pp. 305–312, 2019.

A. Ramadani, T. R. R. Sihombing, and I.- Parlina, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Asuransi Jiwa Pada PT Bhinneka Life Indonesia Pematangsiantar Dengan Menggunakan Metode Moora,†J. Informatics Telecommun. Eng., vol. 2, no. 2, p. 122, 2019, doi: 10.31289/jite.v2i2.2160.

E. A. Riyanto and T. Haryanti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Teller Pooling Terbaik Pada PT. BCA tbk. Dengan metode SAW (Simple Additive Weighting),†J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 128–135, 2017.

L. Marlinda, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Wisata Yogyakarta Menggunakan Metode ELimination Et Choix Traduisan La RealitA (ELECTRE),†Jurnal.Umj.Ac.Id/Index.Php/Semnastek, no. November, pp. 1–7, 2016.

C. Lukita, C. Nas, and W. Ilham, “Analisis Pengambilan Keputusan Penentuan Prioritas Utama Dalam Peningkatan Kualitas Mata Pelajaran Dengan Menggunakan Metode Perbandingan WASPAS dan MOORA,†J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 5, no. 3, pp. 130–137, 2020, doi: 10.25077/teknosi.v5i3.2019.130-137.

I. Hidayatulloh and M. Z. Naf’an, “Metode MOORA dengan Pendekatan Price-Quality Ratio untuk Rekomendasi Pemilihan Smartphone,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Apl. Komput., pp. 62–68, 2017.

S. Wardani and S. Ramadhan, “Analisis Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode MOORA Untuk Merekomendasikan Alat Perekam Suara,†J. Teknovasi, vol. 2, no. 1, pp. 1–9, 2019.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-18

URN