Implementasi Data Mining untuk Menganalisa Pola Pejualan Sembako Pada Toko Langkah Baru Menggunakan Algoritma Apriori

Authors

  • novika suryani STMIK Triguna Dharma
  • Kamil Erwansyah STMIK Triguna Dharma
  • ita mariami STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v2i11.2257

Abstract

Toko Langkah Baru adalah toko yang bergerak dibidang penjualan bahan sembako yang berdiri sejak tahun 1995 di kota medan. Dalam kegiatan penjualan bahan sembako pada Toko Langkah Baru, Pelanggan sering mengalami kekecewaan dikarenakan seringnya stok barang yang ingin dibeli oleh pelanggan kosong, Hal ini tentu saja sangat merugikan Toko Langkah baru, Karena selain pelanggan merasa kecewa serta menyebabkan menurunnya penjualan, Permasalahan kekosongan stok barang  akan menyebabkan Toko Langkah Baru sulit bersaing dengan toko-toko sejenis, Melihat permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu sistem untuk menemukan suatu pola yang dapat meningkatkan strategi penjualan dan pemasaran produk di Toko Langkah baru, salah satunya adalah dengan menerapkan teknik data mining dengan algoritma apriori sebagai pendukung pengambilan keputusan dalam menentukan kombinasi itemset berdasarkan pola–pola dan aturan asosiasi yang terbentuk dari data-data transaksi penjualan, Oleh karena itu, dirancang sebuah aplikasi berbasis dekstop dengan menerapkan metode data mining dengan algoritma apriori untuk menemukan pola pembelian konsumen berdasarkan data transaksi penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah tercipta sebuah aplikasi yang dapat membuat pola pembelian konsumen bahan sembako, sehingga pihak Toko Langkah baru dapat mengestimasi kebutuhan (stok) bahan yang akan dijual.

References

L. D. A. N. Temulawak, “Journal of Vocational Health Studies AND TEMULAWAK HERBS,†vol. 01, pp.

–66, 2018.

Sundari and L. P. Ratna, “Hubungan antara durasi bermain game online dengan gangguan tajam penglihatan pada anak sekolah menengah pertama (SMP) di kota Denpasar,†E--Jurnal Med., vol. 7, no. 8, pp. 1–12,

M. Musiana, N. Nurhayati, and S. Sunarsih, “Faktor Risiko yang Berhubungan dengan Kejadian Myopia pada Anak Usia Sekolah,†J. Ilm. Keperawatan Sai Betik, vol. 15, no. 1, p. 71, 2019.

N. I. Kurniati, H. Mubarok, and D. Fauziah, “Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Hewan Peliharaan

Menggunakan Metode Certainty Factor,†J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., 2018.

M. K. Zulfian Azmi,S.T., M.Kom. Verdi Yasin, S.Kom., Pengantar Sistem Pakar dan Metode, Edisi Asli.

Mitra Wacana Media, 2017.

R. Rachman and A. Mukminin, “Penerapan Metode Certainty Factor Pada Sistem Pakar Penentuan Minat dan Bakat Siswa SD,†Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, p. 90, 2018.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-22

URN