Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Pada Tanaman Kurma (Diem) Dengan Menggunakan Metode Certainty Factor

Authors

  • Parhusip Vera STMIK Triguna Dharma
  • Tugiono T STMIK Triguna Dharma
  • Elfitriani El STMIK Triguna Dharma

DOI:

https://doi.org/10.53513/jct.v1i4.2202

Abstract

Teknologi dapat membantu kerja manusia dalam mengolah data dan memudahkan dalam menentukan kesimpulan yang diterapkan oleh AI (Artificial Intelgence) dalam suatu komputerisasi. Tanaman Kurma merupakan tanaman yang buahnya bisa dikelola menjadi berbagai bahan makanan. Selain itu, kurma merupakan buah yang istimewa karena dari segi nutrisi, satu piring nasi sama dengan beberapa buah kurma.  Sistem pakar digunakan untuk mendiagnosa penyakit tanaman Kurma. Penyakit tanaman Kurma sering mengalami pembusukan buah dan kering akibat dari gangguan hama. Dalam hal ini, maka memerlukan sebuah metode yang mampu dan teruji dalam mendiagnosa penyakit tanaman kurma untuk menyimpulkan hasil keputusan menggunakan konsep sistem pakar mendiagnosa penyakit tanaman Kurma. Metode sistem pakar  dapat mengembangkan dalam upaya mendiagnosa penyakit tanaman Kurma  dengan menggunakan metode Certainty Factor.  Hasil penelitian ini adalah sistem pakar digunakan untuk mendiagnosa penyakit pada tanaman kurma adalah sistem pakar dapat memprediksi dan sistem pakar juga diterapkan untuk mendiagnosa penyakit  atau mendiagnosa pola penyakit pada tanaman Kurma.

References

S. M. Arif and H. Purwoko, "PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GUDANG OBAT PADA RUMAH SAKIT UMUM ISLAM MADINAH KASEMBON MALANG," 2018.

M. Zulfian Azmi, ST., M.Kom. dan Verdi Yasin, S.Kom ., Pengantar Sistem Pakar dan Metode (Introduction of Expert System and Methods), Jakarta: Mitra Wacana Media, 2019, pp. 11-17.

M. J. Effendi, M. Triawan and S. Musirawas Lubuklinggau, "SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN KOPI BERBASIS WEB," 2019.

M. Puji Sari Ramadhan, M.Kom dan Usti Fatimah S.Pane, Mengenal Metode Sistem Pakar, Cetakan Pertama ed., Haqi, Ed., Medan: Uwais Inspirasi Indonesia, 2018.

J. Rumbaugh, I. Jacobson and G. Booch, The unified modeling language reference manual, Addison-Wesley, 1999, p. 550.

N. Susanto, R. Purwaningsih and A. Baharullah, "ANALISIS PENGARUH TRANSMISI MOBIL MANUAL DAN OTOMATIS TERHADAP TINGKAT KESULITAN YANG DIHADAPI PENGEMUDI PEMULA," 2017.

Downloads

Additional Files

Published

2022-07-15

Issue

Section

Articles

URN